3 Wilayah di Kabupaten Bekasi Ini Diminta Waspada Banjir

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 22 Januari 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 338 2348932 3-wilayah-di-kabupaten-bekasi-ini-diminta-waspada-banjir-d1sgCpkF6j.jpg Ilustrasi banjir. (Foto : Okezone.com/Heru Haryono)

BEKASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mengimbau masyarakat yang menetap di wilayah langganan banjir agar waspada. Itu karena intensitas hujan tinggi sedang rutin mengguyur wilayah Bekasi dan sekitarnya. Untuk itu, warga diminta mulai waspada potensi datangnya banjir.

Masyarakat yang perlu waspada terhadap bencana banjir dan angin puting beliung berada di Kecamatan Tambun, Cibitung, dan Babelan. "Mengingat curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir ini. Masyarakat kami minta waspada,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, Jumat (22/1/2021).

Saat ini, kata dia, pihaknya telah melakukan persiapan kesiapsiagaan penanggulangan banjir. Seluruh posko di setiap kecamatan telah melakukan apel kesiapsiagaan bencana banjir. "Logistik makanan, peralatan evakuasi perahu karet, mesin pompa, maupun personel telah dipersiapkan dalam menghadapi potensi bencana banjir,” ujarnya.

Henri mengatuakan, untuk perahu karet, pihaknya sudah disiagakan di tiap kantor kecamatan yang menjadi posko penanganan banjir. Jumlah perahu karet yang disiagakan saat ini sebanyak 24 unit. "45 personel kita sudah siap, kami juga kan dibantu bersama unsur kepolisian, TNI, serta masyarakat,” ucapnya.

Untuk titik rawan banjir tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir agar selalu menjaga kebersihan. Terutama jangan membuang sampah ke sungai atau kali. "Ya masyarakat juga harus menjaga kebersihan. Terutama saluran-saluran sungai. Jangan buang sampah sembarangan,” tuturnya.

Baca Juga : Fenomena Bencana Alam Marak Terjadi, Ini Saran Mitigasi Guru Besar IPB University

Henri berharap tidak akan terjadi banjir, Jika terjadi banjir diharapkan tidak separah tahun sebelumnya. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan normalisasi kali dan sungai untuk menanggulangi banjir. "Sudah dilakukan tahun kemarin, Pemkab Bekasi berupaya melakukan normalisasi sungai dan saluran,” tuturnya.

Baca Juga : Hujan Guyur Puncak, Debit Air Bendung Katulampa Merangkak Naik

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini