Warga Jakarta Dimanjakan Berbagai Pelayanan Kesehatan Gratis

Bima Setiyadi, Koran SI · Jum'at 22 Januari 2021 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 338 2349160 warga-jakarta-dimanjakan-berbagai-pelayanan-kesehatan-gratis-49VgK9GO36.jpg Ilustrasi Sindo

JAKARTA- Gubernur DKI Anies Baswedan terus membenahi Jakarta yang sebelumnya telah dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik di dunia. Beragam penghargaan pun diterima kota yang berpenduduk 11 juta jiwa ini.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki layanan jaminan kesehatan gratis. Apa saja ya layanan jaminan kesehatan gratis itu?

(Baca juga: Loyalis Amien Rais Diduga Perkosa Anak Kandung, PAN: Bejat dan Tidak Bermoral!)

Melalui akun instagram resmi @dkijakarta, Pemprov DKI Jakarta mengunggah infografik layanan jaminan kesehatan gratis untuk Ambulan Gawat Darurat (AGD).

Mereka yang mendapatkan layanan gratis AGD tentunya harus memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK) DKI Jakarta dengan kondisi gawat darurat, penurunan kesadaran, tidak mampu menggerakan tubuh (lumpuh atau patah tulang).

(Baca juga: Oknum Polisi Mesum dengan Janda di Ruang Isolasi RSUD Dompu Terpapar Covid-19)

"Masyarakat bisa menghubungi layanan darurat AGD di 112/119," seperti yang dikutip dalam infografik isntagram Pemprov DKI, Jumat (22/1/2021).

Untuk layanan pemeriksaan kesehatan, tokoh agama, pengemudi jak lingko, dan peserta PBI Basis data terpadu mendapatkan jaminan gratis. Pemeriksaan meliputi fisik, rontgen dada, laboratorium, elektrokardiografi (rekam jantung), skrining hepatitis B (peserta hamil).

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah DKI Jakarta. "Mereka harus ber KTP dan KK DKI serta memiliki kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional atau Kartu Indonesia Sehat," jelasnya.

Kemudian, layanan jaminan darah bebas HIV dan Hepatitis gratis diperuntukan untuk pasien sesuai dengan indikasi medis yang memiliki KTP dan KK DKI. Menjamin kualitas darah bebas HIV dan Hepatitis.

Berlaku diseluruh fasilitas kesehatan wilayah DKI Jakarta. Kesehatan Korban Kekerasan, termasuk Anak dan Perempuan akan diberikan gratis kepada Siapa saja yang mengalami kekerasan di wilayah Jakarta. Dibuktikan dengan surat keterangan polisi bahwa pasien adalah korban kekerasan.

"Pelayanan dilakukan di seluruh UGD, Rawat Jalan atau Rawat Inap di RS wilayah Jakarta. Khusus korban kekerasan anak dan Perempuan mendapat jaminan pemeriksaan di forensik klinisforensik patologi, lab.forensik, visum at repertum di rumah sakit pemerintah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini