Kronologi Longsornya Tebing Perumahan Pesona Jati Asri Bekasi

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Minggu 24 Januari 2021 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 338 2349982 kronologi-longsornya-tebing-perumahan-pesona-jati-asri-bekasi-ZSbLdojQKP.jpg Tebing Perumahan Pesona Jati Asri longsor. (Foto : Sindonews/Abdullah Surjaya)

BEKASI – Hujan lebat yang menguyur disertai gemuruh mengejutkan warga yang bermukim di Perumahan Pesona Jati Asri itu terjadi di RT 6/5, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (24/1/2021) sekitar pukul 07.30 WIB. Suara gemuruh ternyata berasal dari tanah longsor yang terbawa air hujan.

Warga melihat tebing pembatas antara perkampungan dengan perumahan yang berada di bawahnya itu longsor. Ketinggian tebing itu sekitar empat meter, panjang longsor sekitar lima meter. Batu-batu maupun tanah turun menutupi jalan perumahan. Sedangkan di area atas titik longsor itu nampak tanahnya retak.

Bahkan, akses jalan diatasnya juga sudah ditutup tidak bisa dilalui kendaraan, karena dikhawatirkan terjadinya longsor susulan. Ditemui wartawan, warga bernama Frans Kaunang, 61, mengaku sempat menyaksikan detik-detiknya terjadinya longsor.

"Ada suara gemuruh, warga sini pada kaget semua,” kata warga setempat.

Saat longsor terjadi, Frans tengah berada di teras rumahnya. Terdengar suara gemuruh dari luar rumah di tengah hujan deras. Longsoran tanah itu sempat menutupi jalan perumahan serta mengenai pagar dua rumah di bawahnya. Beruntung, saat kejadian tidak ada orang maupun kendaraan dipinggir tebing tersebut.

Baca Juga : Hujan Lebat, Tiga Kecamatan Bekasi Terendam Banjir

"Ya karena sudah prediksi jadi warga sudah antisipasi jika hujan deras gini, engga pernah simpan mobil atau bermain di area sekitar itu,” ungkapnya.

Menurut dia, kejadian longsor ini bukan pertama kalinya. Awal tahun 2020 juga sempat terjadi longsor, titik juga tak jauh dari titik longsor yang berada saat ini.

Bekas longsor awal 2020 itu juga belum dilakukan pebaikan permanen hanya dilakukan secara sementara. Apalagi, di titik sekarang ini sudah terjadi dua kali, awalnya hanya kecil dan sedikit.

Baca Juga : Hujan Deras Sejak Pagi, Turap di Jatiasih Bekasi Longsor

"Nah ini ketiganya langsung amblas. Waktu awal tahun 2020 juga pernah longsor, itu juga belum diperbaiki,” tuturnya. 

Untuk itu, Frans berharap agar pemerintah setempat segera melakukan penanganan. Soalnya, ada sebanyak 26 rumah berada disepanjang tebing tersebut dihantui rasa khawatir jika terjadi longsor yang lebih besar lagi. Diharapkan penanganan dilakukan secara permanen dengan kualitas yang baik. Tak hanya warga perumahan saja yang diselimuti rasa ketakutan.

Akan tetapi juga warga perkampungan yang ada di atas tebing juga ketakutan dan meminta Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menindaklanjutinya agar dikemudian hari tidak terjadi longsor lagi.”Waktu itu juga sempat ditinjau, tapi belum juga diperbaiki. Minta tolong segera ditangani, ini kan musim hujan khawatir semakin meluas,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, selain banjir yang menerjang tiga kecamatan di Kota Bekasi, hujan lebat dengan itensitasi sedang membuat tanah longsor terjadi di Perumahan Pesona Jati Asri, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (24/1). Beruntungnya dalam insiden itu tidak sampai memakan korban jiwa.

Bahkan, tak ada rumah warga yang terdampak akibat longsor tersebut. Hingga saat ini, petugas tengah melakukan penanganan dilokasi dan meminta warga untuk menjauhi lokasi longsor tersebut.”Tidak ada korban jiwa, ataupun rumah warga yang terdampak,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini