Tiap Hari 1.000 Pelanggar Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE di Jakarta

Helmi Syarif, Koran SI · Senin 25 Januari 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 338 2350223 tiap-hari-1-000-pelanggar-lalu-lintas-terekam-kamera-etle-di-jakarta-g239QV8pjP.jpg Kamera ETLE. (Foto : Okezone/Heru Haryono)

JAKARTAPolda Metro Jaya mencatat ada sekira 1.000 pelanggaran lalu lintas yang tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tiap harinya. Pelanggaran yang paling banyak adalah tidak menggunakan sabuk pengaman.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya juga tiap hari mengirimkan surat pelangaran ke rumah para pelanggar dengan bantuan jasa pos.

"Setiap hari kami mengirim surat tilang ke rumah-rumah pelanggar itu kurang lebih 1.000 surat tilang per hari," katanya, Senin (25/1/2021).

Sejauh ini, sudah terdapat 57 kamera ETLE yang sudah terpasang di sejumlah wilayah DKI Jakarta. Saat ini, polisi telah mengajukan penambahan 50 kamera ke Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan efektivitas.

Baca Juga : Listyo Sigit Hapus Tilang di Jalan, Motor Bodong dan Tidak Ada SIM Bagaimana?

"Pada tahun 2021 kita ajukan proposal ke Pemda DKI untuk melanjutkan program ETLE paling tidak penambahan kamera 50 lagi. Sehingga diharapkan di 2021 ini ada 100 kamera di Jakarta," ujarnya.

Di samping itu, sistem tilang kepada pelanggar menggunakan kamera ETLE ini juga dinilai efektif dalam menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal ini dinilai Sambodo karena tidak ada lagi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggar.

"Di sisi lain di masa pandemi Covid-19 ini ETLE sangat efektif karena mengurangi interaksi petugas dan masyarakat ini untuk mengurangi risiko penularan. Dari segi transparansi ini luar biasa karena menghilangkan proses negosiasi dan sebagainya antara petugas dan masyarakat karena tidak ada pertemuan antara petugas dan masyarakat sehingga ini meningkatkan akuntabilitas Polri," ucapnya.

Baca Juga : Kebijakan ETLE Belum Sempurna, Kompolnas: Polantas Masih Bisa Lakukan Tilang

Seperti diketahui, kamera ETLE sudah mulai diperkenalkan pada 2018 dan baru diterapkan pada 2019 di kawasan Sudirman-Thamrin. Saat ini sudah ada puluhan kamera ETLE yang terpasang di beberapa jalan protokol Jakarta. Polisi berencana menambah pemasangan kamera ETLE di beberapa lokasi lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini