LaporCovid-19 Terima 34 Laporan Pasien Covid-19 Ditolak Rumah Sakit

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 Januari 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 338 2350393 laporcovid-19-terima-34-laporan-pasien-covid-19-ditolak-rumah-sakit-9Gm3s3FPPv.jpg Co-Leads LaporCovid-19 Irma Hidayana (Foto: Antara)

JAKARTA - Co-Leads LaporCovid-19 Irma Hidayana mengatakan sejak akhir Desember 2020 hingga 21 Januari 2021 pihaknya telah menerima 34 laporan dari masyarakat terkait pasien yang ditolak rumah sakit karena penuh.

"Bahkan, hari ini LaporCovid-19 juga sedang membantu warga yang membutuhkan perawatan di rumah sakit," kata dia saat diskusi daring dengan tema "Lindungi Hak Kesehatan Warga dan Keamanan Pelapor" yang dipantau di Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (25/1/2021).

Dalam hal ini LaporCovid-19 banyak dibantu Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk mencari rumah sakit, termasuk meminta bantuan kepada tim Menteri Kesehatan.

Namun, dari empat kali LaporCovid-19 meminta bantuan kepada tim Menkes, satupun tidak ada yang berhasil.

Kemudian LaporCovid-19 juga pernah membantu satu keluarga yang membutuhkan ruang intensive care unit (ICU) untuk perawatan.

Satu keluarga tersebut diketahui positif COVID-19. Ada yang gejala ringan hingga gejala berat sehingga dibawa ke puskesmas di daerah Tangerang Selatan.

BACA JUGA: 19 Panti Asuhan di Jakarta Jadi Klaster Covid-19

Menurut pengakuan salah seorang anggota keluarga kepada Irma, puskesmas dan dinas kesehatan setempat telah berusaha mencarikan rumah sakit di Tangerang Selatan namun tidak mendapatkan ruangan.

"Kita coba kontak orang Dinas Kesehatan DKI Jakarta tetapi semuanya penuh, namun di tengah pencarian tadi pasien meninggal dunia di fasilitas layanan kesehatan primer," ujar dia.

Oleh sebab itu, Irma berharap pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 segera mencari jalan keluar terkait layanan rumah sakit yang sudah kolaps di Jabodetabek.

BACA JUGA: Terpapar Covid-19, Kepala Disdukcapil Bogor Meninggal Dunia

Merujuk dari kejadian-kejadian tersebut, LaporCovid-19 bersama Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan Center for Indonesia Strategic Development Initiatives (CISDI) mengingatkan pihak-pihak terkait untuk memenuhi hak kesehatan bagi setiap individu.

Selain itu, ketiga organisasi tersebut juga meminta pemerintah agar memastikan perlindungan, keselamatan dan keamanan warga yang melaporkan musibah COVID-19 baik menimpa diri maupun orang lain atau keluarga mereka.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini