Jual Satwa Langka Via Medsos, Pelaku Ditangkap Polisi

Helmi Syarif, Koran SI · Kamis 28 Januari 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 338 2352349 jual-satwa-langka-via-medsos-pelaku-ditangkap-polisi-6p60ZpBf7b.jpg Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto : Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap seorang penjual satwa langka jenis orangutan, lutung Jawa, dan beo Nias. Tersangka ditangkap setelah dipancing polisi yang menyamar sebagai pembeli.

Kabid Humas Pplda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, tersangka yang ditangkap berinisial Y. Dia ditangkap di kawasan Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu 27 Januari 2021 di rumahnya yang sekaligus dijadikan lokasi penyimpan hewan-hewan tersebut.

“Dia memang berprofesi sebagai penjual hewan. Tapi, usaha itu memang untuk menyamarkan penjualan hewan langka yang dijualnya,” katanya.

Dia menjelaskan, satwa langka tersebut dijual mulai dari harga Rp1-10 juta per ekor.

Kabid melanjutkan, pelaku memasarkan hewan langka tersebut melalui media sosial mulai dari Facebook, WA, dan Instagram. Pelaku Y ini memiliki jaringan yang mengkhususkan menjual hewan langka.

“Jadi kalau mau pesan hewan itu harus melalui order. Nantinya dia akan mendatangkan tiga hari setelah pemesanan,” tuturnya.

Baca Juga : 56 Ekor Burung Dilindungi Hasil Sitaan Dilepasliarkan

Penyidik juga mendalami bagimana tersangka Y mendapatkan hewan-hewan langka tersebut. "Modus dia berkomunitas dengan pecinta satwa di medsos dan di situ pelaku mencari siapa yang punya hewan langka dan dia siap beli. Contoh orang utan ini nanti dia jemput, dia simpan di suatu tempat dan kalau ada yang pesan dia bisa siapkan," kata Yusri.

Kemudian, polisi mendatangi kediaman Y di daerah Kabupaten Bekasi pada 19 Januari 2021 dan melakukan penangkapan. Polisi juga menemukan berbagai jenis hewan langka di dalam rumah tersangka Y.

"Kamuflasenya dia menjual binatang biasa dan di dalam rumahnya ada binatang dilindungi," kata Yusri.

Baca Juga : Jual Satwa Dilindungi di Facebook, Oknum ASN Pemprov Riau Ditangkap

Dalam kasus ini, polisi berhasil menyita barang bukti hewan langka seperti satu ekor bayi orang utan, tiga ekor burung beo nias dan tiga ekor lutung jawa. Atas perbuatanya, tersangka dikenakan Pasal 40 ayat 2 Junto Pasal 21 ayat 2 huruf a UU RI nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya dengan ancaman penjara di atas lima tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini