Pengedar USD100.000 Palsu Ternyata Kolektor Uang Kuno

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 28 Januari 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 338 2352401 pengedar-usd100-000-palsu-ternyata-kolektor-uang-kuno-QFQvjtnZmy.jpg Pengedar uang palsu USD100.00 ditangkap polisi (Foto : Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil menangkap 3 orang tersangka pengedar uang dolar palsu. Salah satu tersangka rupanya seorang kolektor uang kuno dan juga batu akik yang kemudian tergiur dalam bisnis uang palsu.

Satreskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Alexander Yuriko mengatakan bahwa tersangka RA (40) mendapatkan uang palsu tersebut dari seorang rekannya sesama kolektor uang kuno. Rekannya tersebut mengatakan bahwa dia bisa membuka gudang uang dengan mengedarkan uang palsu.

"Tersangka RA bisa mendapatkan uang palsu dari seorang kenalannya yaitu A sesama kolektor uang kuno. Hingga saat ini keberadaan A masih kita selidiki," ujar Alex pada Kamis (28/1/2021).

Kasus ini sendiri diketahui saat seorang pegawai di lingkungan Bandara Soekarno-Hatta melaporkan adanya upaya peredaran uang palsu di wilayah bandara. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dan diselidiki hingga akhirnya 3 orang tersangka berhasil diamankan.

"Ada seorang pegawai bandara yang melaporkan akan adanya upaya peredaran uang palsu, kami selidiki ternyata benar adanya," lanjut Alex.

Baca Juga : Edarkan Uang Palsu USD100.000, 3 Orang Ditangkap Polisi

Pihak Polresta Bandara Soekarno-Hatta juga telah berkoordinasi dengan Kedubes Amerika Serikat terkait uang dolar yang telah disita. Sample udah dollar ini juga dikirimkan ke Laboratorium Forensik Mabes Polri untuk dipastikan bahwa uang tersebut palsu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini