Viral Foto Plang NU Ranting Petamburan, Ini Penjelasan PCNU Jakpus

Sabir Laluhu, Koran SI · Sabtu 30 Januari 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 338 2353462 viral-foto-plang-nu-ranting-petamburan-ini-penjelasan-pcnu-jakpus-GLnSM8ab0A.jpg Plang NU Ranting Petamburan viral di media sosial/Foto: Twitter-Istimewa

JAKARTA - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Jakarta Pusat Gus Syaifuddin memastikan foto plang NU Ranting Petamburan yang viral di media sosial sejak Jumat 29 Januari 2021 merupakan hasil unggahan PCNU Jakarta Pusat.

Sebelumnya, di jagat media sosial (medsos) beredar dan ramai dibahas foto plang NU Ranting Petamburan. Dalam foto, tampak dua orang sedang memegang plang untuk ditancapkan ke tanah dan tertulis Sekretariat NU Ranting Petamburan.

"Foto yang beredar luas di media sosial benar terjadi. Tim Media PCNU Jakpus yang pertama kali mengunggah di akun media sosial PCNU Jakpus dan langsung menjadi viral," kata Gus Syaifuddin dalam pernyataannya seperti dikutip MNC Portal di Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

Gus Syaifuddin menjelaskan, viralnya foto tersebut bisa jadi karena publik menyangka bahwa selama ini di Kelurahan Petamburan tidak ada kegiatan NU. Padahal, tutur dia, kegiatan-kegiatan NU di Ranting Petamburan sudah berlangsung dan dijalankan sejak lama.

"Seperti konferensi ranting, peduli bencana alam kebakaran, pengajian rutin mingguan, hadirnya mobil layanan kesehatan, penyemprotan disinfektan ketika Covid-19 mulai merebak, dan bantuan sosial kepada warga sekitar," ungkapnya.

Dia mengatakan, ada aspek lain mengapa foto itu bisa viral selain karena sangkaan publik tadi. Gus Syarifuddin menuturkan, dalam plang tersebut memang ada kesalahan dalam penulisan kepanjangan NU dan tulisan lambang NU. Di antaranya untuk kepanjangan NU tertera tulisan "Nahdhatul Ulama" di atas plang. Padahal kepanjangan NU bukan demikian.

"Yang benar itu Nahdlatul Ulama bukan Nahdhatul Ulama. Dan juga hasil Muktamar NU ke-33 di Jombang, lambang NU ada tulisan N dan U di bawah tulisan kaligrafi Arab yang melintang dari sebelah kanan bola dunia ke sebelah kiri, semua terlukis dengan warna putih di atas dasar hijau. Jadi dalam plang tersebut hal ini yang perlu diperbaiki," imbuhnya.

Sementara itu, Rais Syuriyah NU Kelurahan Petamburan Ustadz Urif Anwar mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas perhatian warganet terhadap kejadian pemasangan plang NU di Petamburan, Jakarta Pusat. Dia memastikan, pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

"Semua kekeliruan akan segera kami perbaiki secepatnya," ujar Ustadz Urif.

Dia menggariskan, NU di Petamburan sudah mulai aktif kegiatan setelah PCNU Jakarta Pusat hadir dan memberikan pembinaan di Petamburan dengan misi perubahan dan membangkitkan semangat ber-NU di tingkat ranting. Menurut dia, semangat para pengurus PCNU Jakarta Pusat menjadi sebab para pengurus NU di tingkat Ranting Petamburan rela bergotong royong dan saling urunan.

"Serta swadaya pengurus untuk bersama-sama mewujudkan plang sekretariat ini," ucapnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini