Pintu Air Laut Jakarta Siaga 2, Terus Diguyur Hujan DKI Rawan Banjir

Bima Setiyadi, Koran SI · Minggu 31 Januari 2021 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 338 2353896 pintu-air-laut-jakarta-siaga-2-terus-diguyur-hujan-dki-rawan-banjir-u2AIQIxoU6.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejumlah pintu air di hilir atau laut utara Jakarta memasuki siaga 2 dan 3. Kondisi cuaca saat ini masih mendung tipis.

Informasi itu dibagikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta dalam akun twitternya @dinasSDA dengan update Tinggi Muka Air (TMA) 31 Januari pukul 12.00 WIB.

BACA JUGA: BMKG Rekam Anomali Seismik Pada Suara Gemuruh di Sukabumi

Status pintu air Pasar Ikan siaga 2 dengan TMA 227 sampai 230 cm dan pintu air di Marina siaga 2 dengan TMA 192 sampai 226 cm. Kondisi cuaca mendung," seperti yang dikutip dalam data pemantauan Dinas SDA, Minggu (31/1/2021).

Badan Meteorologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa seluruh wilayah Jakarta akan turun hujan sepanjang hari.

"Hai #SobatBMKG!

Berikut info prakicu untuk wilayah Jakpus, Jaktim, Jaksel, dan Jakbar. Di semua wilayah DKI Jakarta diprakirakan akan turun hujan nih. Bagi yang besok berpergian, siapkan alat antisipasi hujan dan jgn lupa 3M yaa...," cuit akun tersebut.

BACA JUGA: Hujan Diprediksi Guyur Sebagian Wilayah Jakarta pada Pagi dan Siang Hari

Berdasarkan pengalaman yang terjadi, ketika pintu air di hulu sudah siaga 2 dan 3, ditambah hujan lokal dan kiriman air dari hulu, banjir di Jakarta tak bisa terelekan. Hal itu juga pernah ditegaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada banjir awal 2020 lalu.

Anies mengatakan, selama volume air dari hulu tidak dikendalikan, sebesar apapun yang dibuat, secepat apapun jalur sampai ke laut, Jakarta akan selalu menghadapi masalah banjir. Sebab, permukaan air tanah lebih rendah ditambah permukaan air laut yang tinggi menyebabkan air dari hulu tidak bisa dikendalikan.

"Jadi membiarkan air dari hulu, secepatnya dikirim ke pesisir, akan bertemu dengan permukaan air laut yang lebih tinggi. Karena itu, strategi yang harus kita dorong lebih jauh adalah membangun kolam retensi di hulu sehingga volume air yang ke jakarta itu terkendali," kata Anies saat itu.

Sejumlah warganet pun belum bisa memprediksi bagaimana apabila Jakarta dan Bogor Jawa Barat terus diguyur hujan dan kondisi air laut pasang.

"Belum tau gimana ceritanya Jakarta kalo di Bogor hujan deras berhari-hari dan kondisi di laut sedang pasang," tulis akun @tananda23

"Banjir Jakarta pada umumnya akibat kiriman dari daerah penyangga. Saat Jakarta hujan dan ada kiriman wajib waspada," kata @_Abi_77

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini