Tipu Calon Pekerja Lepas Satpol PP, Ibu Rumah Tangga Ditangkap

Haryudi, Koran SI · Senin 01 Februari 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 338 2354262 tipu-calon-pekerja-lepas-satpol-pp-ibu-rumah-tangga-ditangkap-yneIN6x5wL.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

BOGOR – Seorang ibu rumah tangga berinisial CO asal Cimanggu, Tanah Sareal, Kota Bogor diamankan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). CO diduga melakukan penipuan dengan cara memungut biaya kepada sejumlah orang dalam proses rekrutmen pegawai perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Sebelumnya, Pemkot Bogor membuka pendaftaran PKWT untuk penempatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah Dinas Satpol PP dan telah ditutup pada pertengahan pekan lalu.

Baca juga:  Demi Nikahi Gadis Impian, Pria di Depok Ngaku Polisi Berpangkat Kombes

Kepala Satpol PP Kota Bogor, Agustiansyah menuturkan, dalam menjalankan aksinya CO mengaku sebagai mengaku sebagai anak pejabat dan mengiming-imingi para korbannya bisa meloloskan menjadi pegawai PKWT Satpol PP yang sedang melakukan proses rekrutmen.

"Sudah berhasil kami amankan, setelah ada dua orang korbannya yang mengadu mengenai hal itu ke Mako Pol PP," kata Agus, Senin (1/2/2021).

Baca juga:  Terdakwa Penipuan Investasi Biro Travel Umrah Divonis 1 Tahun 3 Bulan Penjara

Menurut Agus, pelaku ditangkap setelah dijebak oleh anggota yang menyamar sebagai pelamar PKWT Satpol PP.

"Jadi yang bersangkutan ini mengaku bahwa bapaknya adalah pejabat di Satpol PP. Setiap korbannya dimintai duit Rp1 juta sebagai uang pelicin sekaligus biaya seragam," paparnya.

Agus menuturkan bahwa usai membayar uang Rp1 juta, lantas korban diberikan kwitansi yang ditandatangani atas nama Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) Satpol PP, Surya Darma.

"Jadi pelaku ini mencatut salah satu nama pejabat di Pol PP," tegasnya.

Sementara itu, untuk pendaftaran Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) telah ditutup pada pertengahan pekan lalu, lantaran membludaknya pelamar yang mencapai 3.500 orang dari kuota 1.000 pelamar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini