Kasus Corona Meningkat, Polisi Keliling Pasar hingga Terminal Bagikan Masker

Haryudi, Koran SI · Senin 01 Februari 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 338 2354485 kasus-corona-meningkat-polisi-keliling-pasar-hingga-terminal-bagikan-masker-DHUcIJhimO.jpeg Polisi bagikan ribuan masker di Bogor seiring meningkatnya kkasus Covid-19 (Foto : Sindo)

BOGOR - Melonjaknya kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Bogor yang menembus angka 8.469 membuat Polresta Bogor Kota ikut gencar membagikan masker di sejumlah pusat keramaian, Senin (1/2/2021).

Pembagian ribuan masker itu dilakukan serentak di enam titik kecamatan Kota Bogor. Pembagian dilakukan khususnya di pusat keramaian, seperti pasar tradisional atau lokasi terminal, juga stasiun.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya menuturkan, selama masa perberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tahap pertama ada tren peningkatan ketidakpatuhan masyarakat dalam melakukan protokol kesehatan.

"Selama PPKM pertama ada tren meningkat. Ada 20 pemilik usaha kami lakukan penindakan. Untuk jumlah pelanggaran, kami tindak sekitar 1.000 pelanggar," ujar Kombes Pol Susatyo, Senin (1/2/2021).

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan pemantauan kondisi di lapangan. Sebagian besar, pelanggar yang terjaring lantaran banyak orang menggunakan masker, hanya saja tidak sesuai ketentuan.

"Menggunakan masker seadanya, tidak sesuai ketentuan ada yang didagu, ada yang dilepas dan sebagainya," katanya.

Lebih lanjut, juga masih ditemui sejumlah pedagang di pasar tradisional tidak menggunakan plastik penyekat antara pembeli dan pedagang.

Tidak hanya sosialisasi, setiap harinya Satgas Covid-19 juga melakukan patroli Crowd Free Road atau Jalan Bebas Kerumunan. Tim itu bertugas memantau dan buka tutup jalan secara situasional jika terjadi kerumunan.

Bahkan, pihaknya juga memfasilitasi pasien Covid-19, dengan membagikan sembako gratis bagi pasien yang melalukan isolasi mandiri.

Baca Juga : Dikeroyok Warga, Preman Kampung Tewas dengan 50 Tusukan

Sementara, itu angka kasus akumulatif di Kota Bogor pada Minggu (31/2/2021) mencapai 8.469 kasus, dengan rincian 6.646 kasus pasien positif sembuh, sebanyak 1.666 pasien positif masih dirawat, dan 157 kasus pasien positif meninggal dunia.

Berdasarkan informasi dihimpun dari laman Pusat Informasi Covid-19 Kota Bogor, Selasa (1/2/2021), jumlah kematian akibat Covid-19 mencapai 157 orang. Jumlah tersebut bertambah 3 orang dari hari sebelumnya.

Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bogor Dedie A. Rachim menyebutkan kasus positif aktif di Kota Bogor cukup tinggi diatas 1.600 orang.

"Ini harus menjadi perhatian bersama dengan kondisi sarana atau fasilitas kesehatan kita semakin penuh, tenaga kesehatan melakukan 3T. Maka masyarakat harus mau melakukan protokol kesehatan 5M," ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Dedie, masyarakat harus melaksanakan protokol kesehatan 5M secara ketat, tidak ada tawar menawar lagi.

"Bahkan saya menghimbau, agar memakai masker juga di dalam rumah, itu salah satu upaya kita untuk menekan semaksimum mungkin penyebaran Covid-19 di Kota Bogor," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini