Warga Khawatir Jenazah pada Ngambang Jika RTH Lubang Buaya Sering Banjir Jadi TPU Covid-19,

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Selasa 02 Februari 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 338 2355051 warga-khawatir-jenazah-pada-ngambang-jika-rth-lubang-buaya-sering-banjir-jadi-tpu-covid-19-fXyJsrAbdE.jpg Pemakanan jenazah Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Warga Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, khawatir jika Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Kramat III dijadikan tempat umum (TPU) pemakaman jenazah Covid-19. Pasalnya, lokasi RTH yang berdekatan dengan Kali Sunter merupakan tempat rawan banjir.

Ketua RT 04/RW 02, Dadang mengatakan, lahan RTH tersebut lebih cocok digunakan sebagai daerah resapan air ketimbang dijadikan makam. "Di sini wilayah RW 02 suka banjir, kalau ada makam bisa pada ngambang. Di belakang (RTH) ada Kali Sunter, tanggul tinggi tapi tetap saja meluap," kata Dadang di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (1/2/2021).

Baca Juga: Camat Cipayung Tak Tahu RTH Lubang Buaya Bakal Jadi Makam Covid-19

Menurut Dadang, saat banjir menerjang ketinggian air akibat luapan Kali Sunter bervariasi. Terlebih, sambung dia, saat air merendam jembatan Jalan Raya Pondok Gede arus lalu lintas dari kedua arah otomatis tidak bisa dilalui kendaraan.

Baca Juga: Unggah Foto TPU Covid-19, Ariza Sentuh Hati Masyarakat soal Pentingnya 3M

"Masalah ketinggian susah ngukurnya, tapi pernah melewati jembatan Jalan Raya Pondok Gede. Sehingga penduduk yang hendak atau dari Pondok Gede dibantu oleh truk-truk TNI AU," ujarnya.

Dia menuturkan, rencana penggunaan lahan RTH sebagai TPU jenazah khusus Covid-19 sudah beberapa kali ditinjau petugas dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI. Namun, tinjauan itu baru sebatas pembicaraan awal, sehingga kemungkinan membuka TPU di lahan RTH belum dapat terlaksana.

"Kalau saya tanya (ke pegawai Dinas Pertamanan) belum pasti juga saya sudah nanya juga lewat telepon jawabannya belum pasti (RTH) untuk pemakaman Covid-19," tuturnya.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini