17 Karung Limbah APD Menumpuk di Pinggir Jalan

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 02 Februari 2021 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 338 2355180 17-karung-limbah-apd-menumpuk-di-pinggir-jalan-9xOuY5ZewC.jpg Limbah medis Covid-19 yang menumpuk di pinggir jalan (foto: istimewa)

BOGOR - Belasan karung limbah alat pelindung diri (APD) menumpuk di pinggir jalan Kampung Leweung Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Belum diketahui dari mana limbah itu berasal.

Camat Tenjo Kurnia Indra mengatakan, limbah APD itu ditemukan di pinggir jalan diantara semak-semak pada Senin 1 Februari 2021. Terdapat belasan karung plastik dan beberapa berserakan di sekitar lokasi.

"Iya (limbah APD). Totalnya ada 17 karung (plastik)," kata Kurnia, kepada MNC Portal, Selasa (2/2/2021).

Baca juga:  Limbah Medis Covid-19 Melonjak, Pengelolaannya Harus Jadi Perhatian

Kurnia menambahkan, dalam karung tersebut terlihat ada beberapa jenis APD mulai dari hazmat, masker hingga tempat makan styrofoam bekas pakai. Belum diketahui pasti dari mana limbah itu berasal.

"Macam-macam isinya ada baju hazmat, masker tempat makan styrofoam juga ada. APD lah isinya. Kita belum tahu (limbah) dari mana," jelasnya.

Baca juga:  Limbah Medis yang Berserakan Diduga Berasal dari Klinik di Jababeka

Yang pasti, diduga kuat limbah tersebut berasal dari luar Kecamatan Tenjo. Karena, lanjut Kurnia, di wilayahnya tidak ada rumah sakit maupun tempat isolasi yang merawat pasien terkonfirmasi covid-19.

"Di sini gak ada (rumah sakit atau tempat isolasi pasien covid-19). Mungkin dari luar Tenjo," tegasnya.

Saat ini, limbah tersebut sudah dibawa oleh petugas untuk diproses sesuai dengan protokol yang ada. Temuan ini pun sudah dikoordinasi dengan pihak kepolisian, Puskesmas dan Dinas Lingkungan Hidup.

"Sudah diambil. Kita sudah koordinasi dengan polisi. Akan ditindaklanjuti sama kepolisian," tutup Kurnia.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini