Jakarta Diselimuti Kabut seperti di Puncak, Ini Penjelasan BMKG

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 04 Februari 2021 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 338 2356603 jakarta-diselimuti-kabut-seperti-di-puncak-ini-penjelasan-bmkg-udx4HGXFUU.jpg Langit Jakarta berkabut. (Foto: Fetra Hariandja)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan soal fenomena langka, saat langit Jakarta diselimuti kabut. Kondisi di Jakarta jadi mirip seperti di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto mengatakan, gedung-gedung pencakar langit Ibu Kota diselimuti kabut, lantaran adanya intensitas hujan lebat di lokasi.

Menurut dia, hujan lebat mengakibatkan awan lebih rendah dari sebelumnya, sehingga tampak menyerupai kabut yang menutupi gedung-gedung yang menjulang tinggi di kawasan Sudirman-Thamrin tersebut.

Foto Amril Amarullah.

"Kalau itu sebetulnya lebih tepatnya karena kondisi daerahnya dingin akibat adanya hujan lebat," kata Hary saat dihubungi Okezone, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Fenomena Langka, Jakarta Diselimuti Kabut

Cuaca Jakarta seperti di Puncak juga bisa terjadi, meskipun pada pagi hari Jakarta cerah, namun turun hujan pada siang harinya. Hal itu membuat cuaca Jakarta menjadi sejuk pada sore dan malam hari.

"Kalau kondisi paginya cerah terus tiba-tiba hujan, jadi begitu kondisinya di daerahnya (awan) turun semacam itu. Itu saja sih," imbuhnya.

Baca juga: Bangkok Diselimuti Kabut Beracun, 400 Sekolah Diliburkan

Hary menambahkan, tak ada fenomena alam apa pun yang berlangsung di Jakarta. Semuanya, lanjut dia, berlangsung normal dan rutin saat Jakarta menghadapi musim penghujan.

"Hal-hal tersebut terjadi mana kala kondisinya hujan lebat dan sebagainya. Seolah-olah kabut karena akibat adanya hujan lebat dan kondisi awannya itu lebih rendah dari sebelumnya," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, kondisi cuaca DKI Jakarta terpantau berkabut pada hari ini, Kamis (4/2/20210) sore. Kondisi seperti ini jarang terjadi lantaran biasanya gedung-gedung pencakar langit Ibu Kota kerap tertutup awan polusi, bukan kabut.

Berdasarkan pantauan Okezone di lantai 8 Gedung Sindo, kabut menutupi lantai paling atas gedung-gedung tinggi yang ada di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini