Buang Sampah di Bantaran Kali CBL Bekasi Bakal Dijerat Pidana

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 05 Februari 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 338 2357034 buang-sampah-di-bantaran-kali-cbl-bekasi-bakal-dijerat-pidana-w5Xf7IuPXk.jpg Sampah di pinggir Kali CBL (foto: Sindo/Abdullah)

BEKASI - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, tengah menelusuri pembuang sampah sepanjang satu kilometer di Bantaran Kali CBL (Cikarang Barat Laut) di Jalan Raya CBL, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Sebab, lahan yang digunakan sebagai tempat sampah tersebut ilegal dan tidak memiliki izin.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Abdul Hamid mengatakan, intansinya sudah mendapatkan laporan adanya tempat pembuangan sampah di Bantaran Kali CBL beberapa pekan lau.

”Sedang kita telusuri siapa pembuang sampah di bantaran Kali CBL, intinya kita sudah bergerak untuk mengungkap aktor dibalik pembuangan sampah ini,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Bekasi Janji Menutup TPS Liar di Samping Tol Cibitung-Cilincing

Menurut dia, lahan yang digunakan untuk membuang sampah tersebut milik PJT, untuk itu Pemerintah Kabupaten Bekasi akan berkordinasi untuk penertibanya.

”Rencananya kita akan rapat dengan berbagai instasi menyikapi kasus ini, karena ada dugaan berbagai pihak dengan segaja menjadikan lokasi itu sebagai tempat pembuangan sampah,” ucapnya.

 Baca juga: Sampah Menumpuk di Bekasi Panjangnya hingga 1 Km

Selain langkah hukum, pemerintah juga sedang mempersiapkan pengangkutan sampah disana dengan menyiapkan personil khusus maupun truk sampah pengangkut, karena sampah disana sudah berton-ton dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengangkutnya agar bisa dibuang ke TPA Burangkeng di Kecamtan Setu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno menegaskan, pemerintah tidak akan menelorir lagi bagi siap saja pembuang sampah sembarangan di wilayahnya. Untuk itu, pihaknya sedang menyiapkan langkah hukum berkordinasi dengan pihak kepolisian maupun Satpol PP.

”Saya akan pidanakan, biar ada efek jera,” tegasnya.

Peno mengkui, berdasarkan hasil laporan dan penulusuran dilapangan, pembuang sampah di Bantaran Kali CBL tersebut dilakukan berbagai pihak sudah terjadi sejak lama.

”Makanya pekan depan akan kami tindak, sekarang masih kita kordinasikan dahulu dengan berbagai pihak, agar penindakanya kuat secara hukum,” katanya.

Sementara untuk pengangkutan sampah disana masih menunggu rapar kordinasi dengan berbagai pihak. Sebab, bila pemerintah melakukan pengangkutan saat ini tidak akan menimbulkan efek jera.

”Selain di Bantaran Kali CBL, petugas mulai rutin melakukan patroli untuk menangkap siapa saja pembuang sampah sembarangan,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, sampah menumpuk mengular satu kliometer di Bantaran Kali CBL di Jalan Raya CBL, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Lautan sampah tersebut sudah ada sejak lama dan ironisnya tumpukan sampah tersebut disamping pembangunan tol Cibitung-Cilincing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini