Kasus Aktif Covid-19 Masih Tinggi, Anies Lanjutkan PPKM

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 08 Februari 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 338 2358512 kasus-aktif-covid-19-masih-tinggi-anies-lanjutkan-ppkm-a0wYhXr7YO.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Youtube Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan kondisi Covid-19 di Jakarta melalui Webinar HUT ke-1 Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dengan tema 'Bersatu Melawan Covid-19'.

"Kalau bicara update ya, pertama tentang situasinya. Saya beri ilustrasi di Jakarta saat ini kasus aktif ada 23 ribu. Karena kasus aktif kaitannya dengan menyiapkan tempat untuk isolasi. Angkanya 23.800 lalu fatality rate Jakarta 1,6 persen sembuh 89,9 persen," jelas Anies dalam webinar tersebut, Senin (8/2/2021).

Baca Juga:  Gubernur Anies: PPKM Pemerintah Pusat yang Akan Kembali Diperpanjang

Anies menambahkan, pergerakan kasus aktif jika diperhatikan karena adanya libur panjang. Belajar saat liburan panjang Agustus 2020 lalu, dua pekan setelahnya kasus covid-19 melonjak tinggi.

"Lalu kita tarik rem darurat apa yang terjadi kurvanya mulai melandai tapi gak bisa otomatis jadi kebijakan hari ini jangan harap hasilnya seminggu potensi kemunculan 2 minggu dan sesudahnya karena data hari ini penularan seminggu dua minggu lalu," tambahnya.

Mantan Mendikbud itu pun menegaskan, berdasarkan data yang ada, maka pihaknya akan memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kita teruskan (PPKM) seperti di kemarin. Jadi kebijakan yang sama seperti sejak awal. Dan kita bersyukur apa yang kita kerjakan sejak tahun lalu. Kita kan punya pembatasan di kampung-kampung dan tahun lalu ada gugus tugas tingkat RW yang terus masih aktif terus kita aktifkan. Dan di Jakarta juga sejak hari ini sudah diperpanjang untuk dua pekan ke depan," kata Anies," tuturnya.

Baca Juga:  Anies Baswedan Tegaskan Tak Ada Rencana Lockdown Akhir Pekan di Jakarta!

Diketahui, Anies Baswedan, menyampaikan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta pada 11-25 Januari 2021. Lantas, Anies juga membuat Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2021 yang berisi perpanjangan masa PPKM.

"Menetapkan perpanjangan pemberlakuan, jangka waktu dan pembatasan aktivitas luar rumah Pembatasan Sosial Berskala Besar selama 14 hari terhitung sejak tanggal 26 Januari 2021 sampai dengan tanggal 8 Februari 2021," tulis Pergub Nomor 51 Tahun 2021.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini