Kali Bekasi Siaga I, Sejumlah Perumahan Mulai Terendam Banjir

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Senin 08 Februari 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 338 2358516 kali-bekasi-siaga-i-sejumlah-perumahan-mulai-terendam-banjir-MQ2EKj2QK7.jpg Kali Bekasi meluap (Foto: Abdullah M Surjaya)

BEKASI - Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) menyatakan kondisi Kali Bekasi siaga satu. Sejumlah permukiman dekat bantaran Kali Bekasi mulai terendam banjir. Seperti di Perumahan Villa Nusa Indah, Pondok Gede Permai, Pondok Mitra Lestari dan Teluk Pucung.

Ketinggian banjir bervariasi mulai 40 hingga 150 centimeter.”Dilaporkan bahwa hulu sungai Cileungsi Siaga 3, hulu Cikeas normal dan pertemuan sungai itu menuju ke Kali Bekasi siaga satu,” kata Ketua KP2C, Puarman, Senin (8/2/2021). Ketinggian air mengalami peningkatan karena Bogor diguyur hujan.

Baca Juga:  Banjir di Perumahan Pondok Hijau Bekasi Masih Belum Surut, Aktivitas Warga Lumpuh

Kepala BPBD Kota Bekasi Agus Harpa mengatakan wilayah yang sejauh ini masih banyak terdapat titik banjir. Banjir terjadi dikarenakan luapa Kali Cakung dan Kali Bekasi.Untuk luapan Kali Cakung, titik genangan air berada di Jalan Raya Jatiasih Komsen dengan ketinggian air mencapai 30 - 40 cm.

Sedangkan titik genangan air lainnya berada Perumahan Bumi Rasio Indah dengan tinggi genangan air mencapai 20 - 30 cm. Dan kondisinya sudah mulai surut. "Dengan sebanyak 2 pompa air sudah diaktifkan agar air cepat surut, dan petugas sudah melakukan penanganan disana,” katanya.

 Baca Juga: Tujuh Desa Banjir, Ribuan KK di Sukatani Bekasi Terdampak

Sementara air Kali Bekasi meluber dan berdampak banjir ke Perumahan Pondok Mitra Lestari di Kecamatan Jatiasih. Akses jalan di perumahan tersebut sudah digenangi air dengan ketinggian sedengkul orang dewasa. Air masuk dari bibir Kali Bekasi yang menjadi pembatas dengan aliran kali.

Pantauan di lapangan, warga di sana sudah mulai mengevakuasi diri dan barang secara mandiri. Mereka mulai mengamankan barang-barang berharganya seperti sepeda motor dan mobil. Hingga saat ini, air terus meluap membanjiri perumahan tersebut.

“Air sudah masuk sejak pukul 11.00 WIB tadi,” kata Putri (26), warga disana. Apalagi, bahwa aliran listrik di Perumah Pondok Mitra Lestari pun sudah dimatikan oleh PT PLN. Perangkat RT dan RW sudah berkordinasi langsung dengan pihak PLN untuk menghindari adanya korban jiwa.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini