Tanah Bergerak di Babakan Madang Bogor, Puluhan Rumah Retak

Cahyat Supriatna, MNC Media · Kamis 11 Februari 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 338 2360559 tanah-bergerak-di-babakan-madang-bogor-puluhan-rumah-retak-hMdFdWScIH.jpeg Ilustrasi rumah retak. (Foto: iNews)

BOGOR - Intensitas hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir membuat puluhan rumah di Kampung Wangun Landeuh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, retak akibat pergerakan tanah. Akibatnya, satu rumah rusak berat dalam peristiwa tersebut.

Bencana tanah bergerak terjadi di dua desa, yakni di Kampung Wangun Landeuh dan Kampung Bojong Koneng. Puluhan rumah di dua desa di Babakan Madang itu rusak akibat tanah bergerak. 

Puluhan rumah tersebut rata-rata mengalami retak bagian tembok. Kondisi itu membuat sebagian warga mengungsi ke rumah kerabatnya.

Baca juga: Gedung SD Ambruk Akibat Pergerakan Tanah

Sebelumnya, petugas gabungan dari BPBD, Tagana, hingga TNI-Polri langsung melakukan evakuasi warga yang rumahnya rusak berat. Dari data yang didapat, sedikitnya ada 40 rumah di dua desa yang mengalami kerusakan. 

Baca juga: Belasan Rumah di Kota Batu Terancam Longsor Imbas Pergerakan Tanah

Pergerakan tanah terjadi akibat curah hujan yang tingg. Untuk mencegah terjadinya pergerakan tanah susulan yang menimbulkan korban, empat kepala keluarga diungsikan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini