Pemkot Tangerang Tak Tahu Hotel Isolasi Corona Gandeng Laundry Angkut Limbah Medis

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 11 Februari 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 338 2360623 pemkot-tangerang-tak-tahu-hotel-isolasi-corona-gandeng-laundry-angkut-limbah-medis-BYnJoDqASX.jpg Limbah medis Covid-19 (Foto: Ist)

TANGERANG - Kepala Bidang Tata Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Dadang Basuki mengatakan pihak Pemkot Tangerang tidak mengetahui adanya kerja sama antara pihak hotel isolasi dengan laundry untuk membuang limbah medis.

Pihaknya saat ini tengah melakukan klarifikasi kepada pihak hotel, karena hal tersebut tidak sesuai dengan prosedur pembuangan sampah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya). 

"Kami baru tahu dari pemberitaan, bahwa ada indikasi pakai jasa laundry. Kalau dia mengeluarkan dan mengirimkan limbah B3 kepada laundry ya salah. Ini yang sedang tim LH verifikasi," ujar Dadang pada Kamis (11/2/2021).

Baca Juga: Buang Limbah Medis di Bogor, Pelaku Diupah Rp1 Juta Sekali Angkut

Dadang mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang hanya mengeluarkan izin untuk tempat penyimpanan sementara sampah medis. Namun, Pemkot Tangerang tidak memiliki kewenangan untuk mengelola sampah tersebut. Sementara untuk pengelolaan sampah tersebut, pihak hotel harus mengirimkan kepada pengelola limbah B3 berizin yang dikeluarkan oleh kementerian.

"Kalau untuk pengelolaan limbah B3 dia berkontrak bisa dengan pengangkut limbah B3 yang berizin, izinnya itu dikeluarkan Kemenhub. Bukan pengelolaan Pemkot Tangerang lagi, kewenangan kami itu hanya mengeluarkan izin tempat penyimpanan sementara B3," lanjut Dadang.

Selain itu, pengangkutan sampah medis sendiri harus diangkut oleh perusahaan yang memiliki izin dari Kemenhub. Kemudian aka dibawa ke tempat pengolahan yang juga harus memiliki izin dari kementerian m

"Dari sumber diangkut, pengangkutnya itu harus punya izin dari kemenhub. Lalu di tempat pengolahannya itu nanti harus punya izin juga dari kementerian," ujar Dadang.

Baca Juga: Kronologi Pembuangan Limbah Medis dari Hotel Isolasi Covid-19

Sebelumnya diberitakan, jajaran Polres Bogor menetapkan 2 tersangka pembuang limbah alat pelindung diri (APD) di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Limbah APD yang dibuang tersebut diketahui berasal dari hotel tempat isolasi pasien Covid-19 di Kota Tangerang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini