Share

Puluhan Motor Langgar Ganjil-Genap Bogor Juga Didenda Rp50 Ribu

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 12 Februari 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 338 2360938 puluhan-motor-langgar-ganjil-genap-bogor-juga-didenda-rp50-ribu-96LZK8bX3D.jpg Motor langgar gankil genap Kota Bogor juga didenda Rp50 ribu (Foto : Okezone.com/Putra)

BOGOR - Puluhan motor yang hendak memasuki wilayah Kota Bogor terjaring operasi ganjil genap di Pos Sekat Eks Terminal Wangun, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (12/2/2021). Tak hanya diputar balik, banyak juga yang dikenakan denda.

Pantauan MNC Portal Indonesia, puluhan pemotor yang melanggar ganjil genap dari arah Ciawi langsung diarahkan petugas menuju pos untuk diperiksa. Rata-rata mereka tidak mempunyai jelas atau sekedar jalan-jalan sehingga diberikan denda Rp50 ribu.

Petugas mencatat identitas pengendara dan memberikan form khusus untuk diisi. Setelah itu, pelanggar diwajibkan membayar denda melalui bank yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor.

Meski begitu, ada pula pelanggar yang hanya diberikan peringatan dan diminta untuk putar. Tak hanya motor, kendaraan mobil yang melanggar aturan ganjil juga diberhentikan oleh petugas meski tidak sebanyak di Check Point Tugu Kujang.

"Penyekatan ini (Pos Sekat Eks Terminal Wangun) termasuk penyekatan yang paling padat ya. Karena sekali lagi Kota Bogor ini adalah jalur pelintasan (kota dan kabupaten)," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo, kepada wartawan di lokasi.

Susatyo kembali menegaskan bahwa aturan ganjil genap ini bukan untuk menghalangi produktivitas masyarakat. Bagi yang mempunyai keperluan jelas atau lainnya sesuai ketentuan bisa dikecualikan.

"Tentunya kita tidak menghalangi produktivitas masyarakat. Kalau memang ada tujuan yang jelas, bekerja dan sebagainya. Silahkan sampaikan kepada petugas. Tapi kalau tidak ada maka mulai hari ini kami berikan sanksi. Kita lihat di sini ada petugas yang memberikan sanksi pelanggar dengan Perwali terkait dengan protokol kesehatan," tutup Susatyo.

Baca Juga : Ganjil Genap Kota Bogor, Puluhan Kendaraan Didenda Rp50 Ribu

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Bogor kembali menerapkan ganjil genap mulai 12-14 Februari 2021. Dalam pelaksanaan hari ini, petugas memberlakukan sanksi denda bagi pelanggar di Check Point Tugu Kujang dan Pos Sekat Eks Terminal Wangun.

Ganjil genap ini dikecualikan bagi kendaraan umum, ojek online, taksi online, pekerja, kendaraan logistik, kendaraan darurat dan kendaraan tertentu lainnya dengan menunjukan identitas kepada petugas.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini