PPKM Mikro, RT di Kabupaten Tangerang Nihil Zona Merah Covid-19

Isty Maulidya, Okezone · Senin 15 Februari 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 338 2362258 ppkm-mikro-rt-di-kabupaten-tangerang-nihil-zona-merah-covid-19-89KMQA2ZpV.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melakukan pemetaan penyebaran virus corona (Covid-19) tingkat rukun tetangga (RT) selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Lewat pemetaan tingkat RT, antisipasi penyebaran Covid-19 juga dapat dilakukan secepatnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan, berdasarkan pemetaan tersebut, tidak ditemukan adanya RT yang masuk ke zona merah. Seluruh RT di Kabupaten Tangerang masuk dalam zona kuning dan oranye.

"Tadi kita hitung-hitungan di Kabupaten Tangerang enggak ada yang zona merah, rata-rata kuning, ada zona oranye 1 itu di Bojong Nangka," kata Hendra, pada Senin (15/1/2021).

Hasil tersebut didapat dengan cara menghitung jumlah rumah yang terdapat kasus positif sesuai dengan indikator PPKM Mikro yang termuat dalam Instruksi Menteri Dalam Nageri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2021. Pemetaan zonasi dihitung dari jumlah rumah yang terdapat kasus positif, bukan dari jumlah orang yang positif.

“Hitungannya dari jumlah rumah yang ada kasus positif. Jadi kalau lebih dari 10 rumah positif dalam satu RT berarti itu zona merah,” jelasnya.

Tak hanya itu, Pemkab Tangerang juga mendirikan posko PPKM Mikro di setiap desa dan kelurahan. Masyarakat juga diminati untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan yang berlaku. Mengingat jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tangerang juga masih terus terjadi, meski kasus per harinya telah menurun.

Baca Juga : Epidemiolog : Zonasi RT/RW di PPKM Mikro Terlalu Rumit

“Sesuai instruksi dalam PPKM Mikro ini juga kami sudah mendirikan posko-posko baik di tingkat kecamatan maupun di desa dan kelurahan,” tuturnya.

Baca Juga : Langgar Jam Operasional PPKM Mikro, Dua Tempat Hiburan Malam di Jaktim Disegel

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini