Survei Median Pilgub DKI: Anies Baswedan Teratas, Elektabilitas Risma Naik Pesat

Felldy Utama, iNews · Senin 15 Februari 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 338 2362358 survei-median-pilgub-dki-anies-baswedan-teratas-elektabilitas-risma-naik-pesat-bIkIImbc0K.jpg Anies dan Risma. (Foto: Dok Okezone dan SINDOnews)

JAKARTA - Lembaga survei Median merilis hasil penelitiannya terkait dengan tokoh-tokoh yang berpotensi maju dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Dari hasil survei tersebut, sebagai petahana, Anies Baswedan berpotensi terpilih kembali dalam kontestasi yang akan datang.

"Ya, posisi saat ini Anies Baswedan masih teratas dalam beberapa skenario survei kami," kata peneliti lembaga survei Median, Ade Irfan kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

Dalam skenario survei terbuka (Top of Mind), posisi Anies masih berada di urutan teratas dengan angka (40,5%). Di peringkat selanjutnya, terdapat nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dengan perolehan angka (16,5%), lalu mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memperoleh angka (8,5%).

Baca juga: Ditemani Wakilnya, Gubernur Anies Kunjungi RSUD Khusus Covid-19

Irfan menyampaikan, lembaganya juga melakukan skenario survei semi terbuka dengan melibatkan 16 calon. Adapun, dalam skenario ini, 3 besar nama yang masuk di antaranya; Anies Baswedan (42,5 %), Tri Rismaharini (23,5%) dan Sandiaga Salahuddin Uno (5,5).

"Yang menarik adalah tren kenaikan elektabilitas Tri Rismaharini yang signifikan. Elektabilitas Risma naik cukup tajam dari survei Juli 2020 (4,2 %) ke survei saat ini Februari 2021 diangka (23,5 %)," ujar dia. 

Baca juga: Diam-Diam Anies Tinjau Kolong Jembatan Pegangsaan Usai Risma Sebut Ada Tunawisma

Survei dilakukan pada 31 Januari-3 Februari 2021. Populasi survei yakni warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan target sampel 400 responden.

Adapun, metode penelitian yang dipilih dengan teknik multistage random sampling. Dimana, survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menjalankan protokol kesehatan. Margin of error survei ini +/- 4,9 %, dengan tingkat kepercayaan 95%.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini