Kasus Limbah APD di Bogor, Polisi Tetapkan Tersangka Baru dari Pihak Hotel

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 15 Februari 2021 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 338 2362600 kasus-limbah-apd-di-bogor-polisi-tetapkan-tersangka-baru-dari-pihak-hotel-ycuhA8PisK.jpg Pembuangan limbah medis (Foto: Ist)

BOGOR - Polres Bogor telah menetapkan tersangka baru dalam kasus pembuangan limbah alat pelindung diri (APD) dari hotel tempat isolasi pasien Covid-19 asal Tangerang, Banten. Tersangka itu dari pihak hotel.

"Kemarin sudah saya sampaikan akan kita undang saksi-saksi dan digelar. Ada penambahan tersangka baru yaitu dari pihak hotel," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

Baca Juga:  Pemkot Tangerang Tak Tahu Hotel Isolasi Corona Gandeng Laundry Angkut Limbah Medis

Meski begitu, Harun belum bisa memberikan keterangan lebih rinci berapa jumlah tersangka baru dalam kasus tersebut. Termasuk terkait peranan tersangka baru dari pihak hotel isolasi itu.

"Nanti kita sampaikan. Awalnya kan dua tersangka, ditambah pihak hotel," singkat Harun.

Seperti diketahui, Polres Bogor telah membekuk dua tersangka dalam kasus pembuanga limbah APD di wilayah Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Limbah tersebut rupanya dari salah satu hotel tempat isolasi pasien Covid-19 di Tangerang inisial PPH.

Baca Juga:  Buang Limbah Medis di Bogor, Pelaku Diupah Rp1 Juta Sekali Angkut

Modusnya, pihak hotel secara ilegal bekerjasama dengan pihak laundry di tempatnya untuk membuang sampah medis tersebut. Hal itu sengaja dilakukan dengan dalih penghematan biaya pengolahan limbah.

Kedua tersangka yang telah diamankan merupakan sopir dari pihak laundry yang membuang sampah medis sembarangan di wilayah Tenjo dan Cigudeg.

Tersangka dijerat Pasal 40 Ayat (1) UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Pasal 104 Jo No 60 dan UU RI No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini