Netizen Gaduh Pertanyakan Foto Gunung Gede Pangrango Tampak dari Kemayoran

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Kamis 18 Februari 2021 01:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 338 2363910 netizen-gaduh-pertanyakan-foto-gunung-gede-pangrango-tampak-dari-kemayoran-UNrDX5UYx6.jpg Foto Gunung Gede Pangrango terlihat jelas dari Kemayoran, Jakarta (Foto: Instagram Dinas LH DKI)

JAKARTA - Melalui akun media sosialnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memposting sebuah foto Gunung Gede Pangrango yang diambil kawasan dari Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021).

Dalam postingan itu, mereka menyebutkan bahwa gunung terlihat karena udara Jakarta yang bersih.

“Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran, Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan kualitas udara sedang bersih,” katanya dalam caption.

Baca Juga:  Pemburu Babi Hutan Hilang di Gunung Gede Pangrango

Postingan foto yang diambil dari potographer @wibisono.ari itu mendapatkan reaksi beragam dari jurnalis sekaligus photographer senior, Arbain Rambey.

Baca Juga:  Pemprov DKI Segera Vaksin 10 Ribu Pedagang

Melalui akun Twitternya, @arbainrambey, menyebutkan bahwa foto itu merupakan foto tempelan. Pasalnya, untuk mendapatkan foto itu membutuhkan tele yang panjang, lalu memotretnya dari jauh.

“Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang,” kata Arbain dalam cuitannya.

Sempat ditanyakan oleh sejumlah warganet, Arbain lantas membandingkan foto itu dengan foto nyaris serupa dan dilakukan oleh orang yang sama.

“Rasanya ini foto pakai drone....gak ada titik tinggi seperti di kedua pemotretan ini.....ini 2 foto dari orang yang sama....ada mesjid yang tampak di kedua foto....silakan simpulkan sendiri,” tambahnya.

“Perspektif gunung ke foreground gak nyambung dgn perspektif mobil2 yg tampak. Gunung ke foreground itu compactionnya gila2an (tele panjang buanged). Sedangkan perspektif mobil2 itu tampak pakai tele pendek,” terangnya saat ditanya oleh perspektif dalam foto.

Hal serupa juga diungkapkan sejumlah warganet, mereka yakin bila foto itu merupakan editan. “Ngeditnya jago...!!! belajar di luar negeri ye kaya Junjungannya,” komentar @albie_shane dipostingan instagram @dinaslhdki.

“Huh? bertahun2 kerja di wisma kemayoran depannya Orchad, kagak pernah gua liat gunung segede gitu. Gunungnya apa masa pertumbuhan,” komentar @wirasmoyo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini