Kabar Baik, Sudah Tidak Ada Zona Merah Covid-19 di Jakarta Pusat

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 18 Februari 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 338 2364310 kabar-baik-sudah-tidak-ada-zona-merah-covid-19-di-jakarta-pusat-t8z5k1FKni.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief menyampaikan kabar baik, saat ini sudah tidak ada zona oranye atau merah Covid-19 di Jakarta Pusat. Namun, ia mengingatkan tingkat kedisiplinan masyarakat tuntuk menerapkan protokol kesehatan etap perlu dimaksimalkan.

"Di wilayah kita tidak ada merah, tidak ada oranye, dengan dibentuk relawan ini, untuk menekan lagi, untuk mendisiplinkan masyarakat. 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilitas) ini harus dipegang teguh," kata Luqman di Kemayoran, Kamis (18/2/2021).

Luqman berharap para relawan ini nantinya juga menegakkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan untuk dirinya sendiri. Setalah itu, para relawan juga diharapkan dapat mendisiplinkan lingkungannya.

"(Relawan) hanya sebatas mengingatkan. Kalau yang menegakkan sudah ada petugasnya. Dia hanya mengawasi. Harapannya di wilayah komunitas ini semua terjaga," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jakarta Pusat membentuk relawan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 hingga ke tingkat RT dengan total 12 ribu relawan yang dilibatkan.

Baca Juga : Pulang dari Arab Saudi, 1.076 WNI Positif Covid-19

Baca Juga : WNI Pulang ke Indonesia Dikarantina Selama 5 Hari, Ini Penjelasan Satgas

Apel bersama relawan RT Pengawasan Protokol Kesehatan ini berlangsung di Lapangan Open Space, Hall D JI-EXPO, Kemayoran.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi menerangkan pembentukan relawan di tingkat RT ini merupakan wujud kekompakan Forkopimda Jakpus dalam menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Jakpus.

"Mudah-mudahan dengan adanya relawan yang kita kukuhkan pada hari ini, kerja kita semakin kompak, Covid-19 di Jakpus bisa ditekan dengan baik, dan tentu jumlahnya terus menurun. Targetnya bulan depan InsyaAllah bisa hijau," tutur Irwandi.

Di tempat yang sama, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi menyampaikan berdasarkan penelitian yang ada, penyebaran virus Corona meningkat seiring dengan menurunnya tingkat kedisiplinan masyarakat.

"Oleh karenanya, kita dari level terbawah di RT harus kuat dalam protokol kesehatan. Kita usulkan untuk membentuk relawan protokol kesehatan di tingkat RT. Hampir 12 ribu lebih (relawan yang dibentuk)," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini