Share

Hujan Ekstrem, DKI Jakarta Dinilai Siap Menanggulanginya

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 338 2364605 hujan-ekstrem-dki-jakarta-dinilai-siap-menanggulanginya-3kADthv0aF.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan ekstrem yang akan berlangsung pada 18-19 Februari 2021 di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya. Peringatan cuaca tersebut berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir.

Menurut Pakar Lingkungan Universitas Indonesia (UI) Tarsoen Waryono, DKI Jakarta siap untuk menghadapi cuaca ekstrem yang bisa berdampak banjir tersebut.

"Kalau memang benar bahwa hujan ekstrem di Jakarta dan sekitarnya terjadi pada (19/20 Pebuari 2021), untuk DKI Jakarta sepertinya sudah siap untuk menanggulanginya, seperti yang disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta," ujar Tarsoen saat dihubungi MNC Portal, Jumat (19/2/2021).

Baca Juga:  BMKG Sebut Jakarta Masih Dihantui Hujan Petir hingga Maret

Tarsoen mengungkapkan, persiapan itu antara lain teknik dan cara penanggulangan di lapangan (daerah banjir) seperti perahu karet dan pompa air, juga persiapan keterkaitannya dengan bantuan sosial lainnya. "Saya yakin (dapat diatasi/ditangani) karena DKI Jakarta sudah berkali-kali terjadi (langganan) banjir," katanya.

Tarsoen juga menyebut cuaca ekstrem yang bersumber dari BMKG pada dasarnya merupakan perkiraan, atas dasar hasil analisis Citra Landsat dan atau sejenisnya. Dari analisis tersebut bisa tepat (benas), akan tetapi bisa juga meleset, karena yang di prediksi merupakan gambaran alam pada Citra yang merupakan unsur-unsur dari cuaca (angin, temperatur, kelembaban dan curah hujan, dll).

"Memang saya setuju bahwa pertengahan bulan Pebruasi 2021, merupakan puncak musim hujan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, akan tetapi hujan yang jatuh lebih cenderung bergeser ke arah timur utara, karena pengaruh angin selatan," pungkasnya.

Baca Juga: Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2, Jakarta Waspada Banjir

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini