Permukiman di Kebon Pala Jaktim Terendam Banjir, Ketinggian Air 125 Cm

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 338 2364674 permukiman-di-kebon-pala-jaktim-terendam-banjir-ketinggian-air-125-cm-WBfAJe5V1R.jpg Banjir di Kebon Pala, Jakarta Timur. (Foto : Sindonews/Okto Rizki Alpino)

JAKARTA - Permukiman warga di RT 005/011, Kebon Pala, Jakarta Timur, kembali dilanda banjir pada Jumat (19/2/2021) pagi. Ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai 125 sentimeter.

Warga sekitar bernama Holis mengatakan, air mulai masuk ke permukiman sekitar 02.00 WIB. "Naiknya cepet banget, itu langsung masuk ke dalam rumah," kata Holis di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2021).

Sanusi menjelaskan, penyebab banjir tidak lain karena meluapnya Kali Ciliwung. Terlebih, kata dia, air yang merendam permukiman disebabkan karena mendapat limpahan dari wilayah Bogor.

"Kemarin kan di sana (Katulampa, Bogor) siaga 4, jadi kita yang ada di sini (Kebin Pala) kena banjir lagi," ujarnya.

Ia mengungkapkan, meski air merendam permukiman, warga belum ada yang mengungsi.

"Di sini (Kebon Pala) kalau banjir itu pasti air kiriman. Paling beberapa jam lagi biasanya juga udah surut kalau hujan enggak turun," ucapnya.

Permukiman yang terletak di bantaran Kali Ciliwung tersebut pada setiap musim hujan menjadi wilayah langganan banjir. Sehingga, kata dia, warga sekitar sudah jauh-jauh hari mengamankan barang berharga.

"Kan udh terbiasa jadi kalau air belum sampai naik ke lantai dua kita masih tetep bertahan," ucapnya.

Baca Juga : Kawasan Puncak Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga 3

Diketahui banjir yang menerjang permukiman warga di Kebon Pala, Jakarta Timur pada kali ini diakibatkan luapan Kali Ciliwung. Sebelumnya pada Kamis 18 Februari 2021 Bendung Katulampa yang berada di hulu berstatus siaga 4.

Baca Juga : Banjir Setinggi 30 cm Rendam Sejumlah Wilayah Jakarta

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini