Penyebab Banjir Jaksel: Tanahnya Diambil untuk Meninggikan Senayan

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 19 Februari 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 338 2364873 penyebab-banjir-jaksel-tanahnya-diambil-untuk-meninggikan-senayan-SvrHypYkOW.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza menyebut salah satu penyebab banjir di Jakarta Selatan (Jaksel) salah satunya lantaran tanahnya diambil untuk meninggikan kawasan Senayan.

"Jadi dulu Senayan itu tanahnya ditinggikan. Sumber tanahnya dari berbagai daerah termasuk di daerah (Jakarta) Selatan. Sekarang daerah tersebut sudah seperti kubangan, kalau hujan ya banjir," ujar Ariza, Jumat (19/2/2021).

Soal penyebab banjir, secara global politikus Partai Gerindra itu mengatakan lantaran Jakarta berada di dataran rendah.

"Seperti kita ketahui di Jakarta ini kan dataran rendah. Ada titik-titik yang memang lebih rendah disebabkan banyak hal," kata Ariza.

Selain itu, dirinya juga berencana untuk memindahkan warga yang tinggal di bataran kali ke rumah susun (Rusun). Hal itu dilakukan lantaran Ibu Kota kerap dilanda banjir usai diguyur hujan deras.

Baca Juga : Wagub Ariza Berencana Pindahkan Warga Bantaran Kali ke Rusun

Baca Juga : Terendam Banjir 1,2 Meter, Warga Pondok Hijau Bekasi Memilih Bertahan

"Masih banyak warga kita yang senang tinggal di bantaran kali. Ke depan secara bertahap kita akan pindahkan. Sekarang kita juga terus membangun Rusunawa, Rusunami dan memindahkan warga yang ada di pinggiran dan terus melakukan program normalisasi sungai, naturalisasi sungai, dan sebagainya," kata dia.

"Prinsipnya, perlu ada kerja sama yang baik, berkolaborasi dengan semua dalam rangka mencegah, menangani, dan mengendalikan banjir," imbuhnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini