Sore Hari, Pintu Air Hulu Jakarta Masih Rawan Banjir

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Sabtu 20 Februari 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 338 2365493 sore-hari-pintu-air-hulu-jakarta-masih-rawan-banjir-AdB8tC5XPI.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Menjelang malam pintu air di hulu jakarta masih belum aman. Dua pintu air di barat dan timur jakarta malah terpantau dalam status siaga 1 banjir.

Kedua lokasi itu berada di angke hulu yang berada di pintu air gendong, muara angke dan sunter hulu yang lokasinya berada di timur jakarta. Dengan peningkatan status itu maka banjir diperkirakan masih akan melanda jakarta.

“UPDATE Tinggi Muka Air, Sabtu 20 Februari 2021 Pukul 18.00 WIB,” kata Dinas Sumber Daya Air dalam cuitannya diakun twitternya, Sabtu (20/2/2021).

Dalam keterangan selanjutnya, kondisi ketinggian air di angke hulu sendiri telah mencapai 365 centimeter. Sementara di Sunter Hulu, ketinggian air mencapai 270 sentimeter.

Baca Juga: BMKG Paparkan Prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan, Waspada Banjir!

Selain pemantauan keduanya, kondisi siaga 2 juga terjadi di pos pantau air Karet yang mencapai ketinggian 590 sentimeter. Sementara pada di sentral Jakarta, atau pintu air manggarai, ketinggian air mencapai 835 meter atau siaga 3.

Adapun meningkatnya status siaga 1 di angke hulu berdampak pada genangan sepanjang aliran kali angke, kali sekretaris dan kali pesing, serta sebagian anak kali pesanggrahan.

Kawasan pemukiman penduduk di Green Garden, Pesing Koneng, hingga Kedaung Kalianke, serta Pasar Ikan Angke akan terdampak.

Kondisi serupa juga terjadi di Hulu Sunter yang masuk dalam aliran air kali sunter dan mati. Kawasan seperti Kelapa Gading, Sunter, dan Koja di Jakarta Utara, serta Cipinang, Jatinegara, hingga Bambu Apus terancam genangan air.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini