BMKG Prediksi Hujan Lebat Guyur Jakarta, Anies : Kami Sudah Siaga sejak Tahun Kemarin

Suparjo Ramalan, iNews · Minggu 21 Februari 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 338 2365839 bmkg-prediksi-hujan-lebat-guyur-jakarta-anies-kami-sudah-siaga-sejak-tahun-kemarin-PkHKwzOa6e.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Sindo/Suparjo Ramalan)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, pihaknya sudah mempersiapkan segala kemungkinan menyusul perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal hujan lebat akan guyur Jakarta pada 22-25 Februari 2021. Ia menyebut persiapan sudah dilakukan sejak setahun sebelumnya.

"Kami sudah bersiaga selama persiapan tahun-tahun kemarin, indikasinya adalah kecepatan bergerak," ujar dia, Minggu (21/2/2021).

Anies menjelaskan, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan langsung bergerak jika hujan deras kembali melanda Ibu Kota. Langkah itu untuk mengantisipasi segala kemungkinan, jika hujan dibarengi banjir yang kemungkinan melanda sejumlah wilayah di Jakarta.

"Langsung bergerak ketika terjadi hujan amat keras. Sehingga teman-teman bisa lihat, ketika terjadi hujan dalam waktu yang relatif singkat, kita akan bekerja bersama-sama dengan masyarakat, jajaran Pemprov, TNI, Polisi untuk memastikan segera surut, ini sudah anda saksikan sendiri," katanya.

Karena itu, jija hujan kembali terjadi, maka pemda DKI akan menerapkan tiga prinsip yakni, siaga, tanggap, dan galang. "Ke depan kita terus pertahankan tiga prinsip kita, satu siaga, dua tanggap, tiga galang. Tiga ini kita jalankan terus," tutur dia.

Baca Juga : Anies : Di Tengah Cobaan Saat Ini Masih Banyak Orang Baik

Saat ini BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai hujan di Jakarta yang lebat dapat memunculkan banjir. Perkiraannya, hujan kembali terjadi antara 22- Februari intensitas hujan di Jakarta diprediksi cenderung melemah dengan intensitas rendah. Namun, hujan akan meningkat kembali intensitasnya menjadi sedang hingga tinggi antara 20 hingga 25 Februari nanti.

Baca Juga : Terdampak Banjir, 366 Warga Mengungsi di Kantor Camat Kramat Jati

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini