Bima Arya Bicara Soal Banjir di Jakarta

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Minggu 21 Februari 2021 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 338 2365867 bima-arya-bicara-soal-banjir-di-jakarta-esPWfPj2y5.jpg Wali Kota Bogor, Bima Arya (foto: Okezone.com/ Putra RA)

BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut, persoalan banjir yang terjadi di DKI Jakarta dipengaruhi oleh banyak hal. Tidak sepenuhnya dipengaruhi dari hulu khususnya Sungai Ciliwung.

"Banjir di Jakarta banyak hal, betul bahwa ada yang dari hulu tapi catatannya di Bendung Katulampa paling tinggi siaga 3, Jakarta biasanya banjir di siaga 1. Ketika siaga 3 sudah banjir, berarti volume di sana sudah tinggi," kata Bima kepada wartawan, Minggu (21/2/2021).

 Baca juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Guyur Jakarta, Anies : Kami Sudah Siaga sejak Tahun Kemarin

Menurutnya, banjir itu juga dipengaruhi kondisi di daerah aliran sungai (DAS). Padahal, dirinya sudah menyampaikan hasil ekspedisi Sungai Ciliwung kepada Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

"Bicara hulu bukan sekedar kiriman dari Bogor atau Puncak. Tapi DAS menuju hilirnya. Saya sudah menyurati gubernur waktu itu hasil ekspedisi Sungai Ciliwung yang sebetulnya jadi perhatian bersama. Banyak rumah liar, limbah dan lain-lain," ungkap Bima.

Baca juga:  Anies : Di Tengah Cobaan Saat Ini Masih Banyak Orang Baik

Oleh karena itu, persoalan banjir Jakarta tidak bisa diselesaikan secara singkat atau sepihak saja. Tetapi butuh proses dan kerjasama dari semua pihak.

"Jadi persoalan banjir tidak bisa dadakan, tidak bisa ditangani ketika musim hujan saja harus terintergrasi semua dari hulu ke hilir. Kalau dari kementerian koordinasi terus berjalan, dari KLH, PUPR tapi saya rada tidak bisa parsial harus bersama," tutupnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini