Pasar Ikan Siaga 2, Banjir Ancam Kawasan Pesisir Utara Jakarta

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Senin 22 Februari 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 338 2366073 pasar-ikan-siaga-2-banjir-ancam-kawasan-pesisir-utara-jakarta-lh21s401tk.jpg Ilustrasi pintu air di Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARATA – Kondisi di sejumlah pintu air telah beranjak normal. Angke Hulu yang sejak sore kemarin meninggi dan berada di Siaga 1 kini telah normal. Begitupun Sunter Hulu yang sempat Siaga 1, kini telah memulih dengan status Siaga 3.

Sementara di wilayah pesisir utara, status meningkat Siaga 2 terjadi di Pasar Ikan dan Marina Ancol.

Hal itu terungkap setelah Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melalui akun Instagram-nya mengunggah kondisi sejumlah titik pemantauan banjir, pagi ini, Senin (22/2/2021).

Diketahui, banjir yang melanda di Jakarta sejak kemarin disebabkan sejumlah aliran air kali meluap. Hal ini dikarenakan air tak bisa dibuang ke laut karena laut yang pasang.

Baca juga: Pasca-Banjir, Semua Layanan Bus Transjakarta Sudah Beroperasi Pagi Ini

Antrean pembuangan terjadi di dua lokasi sentra, yakni Angke Hulu di sisi barat, dan Sunter Hulu di sisi timur.

Angke Hulu sendiri, diketahui merupakan hulu dari sejumlah kali di Jakarta, di antaranya, Kali Mookevart, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Krukut. Imbasnya, kawasan kecamatan Kembangan yang dilintasi Kali Angke dan Rawa Buaya yang dilintasi Kali Mookevart tergenang.

Baca juga: Anies: Banjir di Jakarta Sudah Surut 100 Persen!

Begitupun dengan Sunter Hulu, tinggi air membuat air tak bisa masuk ke kawasan itu. Genangan menyebabkan antrean air menyebabkan sejumlah kawasan tergenang, mulai dari Kelapa Gading, Sunter hingga cipinang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini