Operasi Lintas Jaya 2021, Anies Tekankan Pentingnya Disiplin Prokes di Jalan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 22 Februari 2021 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 338 2366132 operasi-lintas-jaya-2021-anies-tekankan-pentingnya-disiplin-prokes-di-jalan-o3ymCXAcRI.jpg Anies Baswedan. (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelar Operasi Lintas Jaya 2021. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menekankan pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) dan lalu lintas di jalan dalam gelaran Operasi Lintas Jaya tahun ini.

"Harapannya operasi ini akan bisa menggalakkan kedisiplinan berlalu lintas dan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan di dalam pemanfaatan transportasi. Baik transportasi pribadi maupun umum," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Menurut Syafrin, ada empat fokus yang akan digencarkan dalam Operasi Lintas Jaya tahun ini. Salah satunya, pendisiplinan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Anies Kantongi Informasi Pulau Jawa Masih Berisiko Dilanda Cuaca Ekstrem

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan fokus pada penanganan empat hal yaitu bagaimana kita mewujudkan transportasi yang berkeselamatan berkeamanan nyaman," beber Syafrin.

"Serta yang terakhir transportasi yang sehat bagi warga Jakarta karena ini di tengah-tengah pandemi Covid-19," imbuhnya.

Oleh sebab itu, kata Syafrin, perwujudan dari pelaksanaan pengawasan Operasi Lintas Jaya 2021 ini adalah, pemenuhan persyaratan administrasi teknis dan laik jalan kendaraan bermotor. Kemudian, pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh layanan angkutan umum yang ada di Jakarta serta penertiban pelaksaan parkir liar di Jakarta.

Baca juga: Pejabat WHO Sebut Pandemi Covid-19 Akan Berakhir Awal 2022

"Tambahan satu terkait dengan optimalisasi pemanfaatan terminal angkutan antar kota antar Provinsi di Jakarta maka juga akan dilakukan penertiban terhadap terminal bayangan sejalan dengan rencana umum nasional keselamatan jalan," ungkap Syafrin.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini