Tembok Pembatas Permukiman Warga di Ciracas Ambruk Diterjang Longsor

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 22 Februari 2021 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 338 2366189 tembok-pembatas-permukiman-warga-di-ciracas-ambruk-diterjang-longsor-zpxzYFsdDk.jpg Longsor tembok pembatas perumahan di Ciracas, Jakarta Timur (Foto: Okto Rizki Alpino)

JAKARTA - Tembok pembatas di permukiman warga RT 12 dengan RT 06/RW 07, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur longsor. Penyebab longsornya tembok setinggi 3 meter itu ditenggarai kontur tanah tak kuat menahan curah hujan yang ekstrem pada 20 Februari 2021.

Camat Ciracas Mamad mengatakan, longsornya tembok pembatas itu menimpa saluran PHB menuju Kali Cipinang yang berbatasan dengan RT 06 dan RT 12. Akibatnya, puluhan warga harus mengungsi karena rumah tinggal mereka terdampak banjir.

"Saluran PHB ini letaknya di bawah tanggul, berada di perbatasan antara RT 12 dan RT 06 di RW 07. Tapi yang terdampak longsor warga RT 06, karena kontur tanahnya rendah," kata Mamad di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Doni Monardo, Menteri PUPR dan Menko PMK Tinjau Tanggul Jebol Citarum

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetapi rumah warga ikut menjadi korban akibat longsor tersebut. "Untuk rumah warga yang terdampak satu, tembok rumah retak. Tapi dampak banjirnya di RT 06, dengan jumlah KK terdampak sekitar 110 KK. Ketinggian banjir 1 meter lebih," ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini bekas longsor dan tembok yang jebol sedang dibersihkan. Warga dibantu petugas gotong royong merapihkan tembok yang jebol.

"Penanganan puing tembok yang longsor sudah dilakukan personel PPSU Kelurahan Susukan dan Satpel SDA Kecamatan Ciracas dari hari kejadian. Dikerjakan secara manual oleh petugas," tuturnya.

Baca Juga: Melihat Banjir Jakarta, dari Era Sutiyoso, Jokowi, Ahok dan Anies

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini