Banjir di Rawa Buaya Surut 1x24 Jam, Biasanya Berhari-hari

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 22 Februari 2021 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 338 2366293 banjir-di-rawa-buaya-surut-1x24-jam-biasanya-berhari-hari-lerLXHAVY7.jpg Posko banjir di Rawa Buaya, Jakarta Barat (Foto : Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA - Ketua RW 001 Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Muhammad Sahri, mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya surut dalam waktu 1x24 jam, padahal sebelumnya banjir menggenang berhari-hari. Penanganan yang masif dan kolaborasi antara petugas-warga menjadi kunci keberhasilan ini.

"1x24 jam kering yang biasanya berhari-hari, bisa empat hari, sekarang dengan mesin pompa yang luar biasa aktif kita bersinergi Alhamdulillah RW 001 aman dari banjir, kering," kata Sahri saat ditemui Okezone di Posko Bencana Banjir RW 001 Rawa Buaya, Senin (22/2/2021).

Siang tadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengunjungi RW 001 Rawa Buaya. Keduanya mengecek titik banjir yang saat ini sudah surut. Anies-Ariza juga mengecek pompa air di lokasi tersebut.

Sahri menuturkan, saat dikunjungi Anies, RW 001 sudah bebas dari banjir. Sebelumnya, kata dia, banjir melanda delapan RT yang ada di wilayah RW 001. Ketinggian air berkisar dari 30 hingga 90 sentimeter. Banjir mulai melanda pada Sabtu 20 Februari 2021. Lalu pada pukul 18.00 WIB Minggu 21 Februari 2021 air sudah mulai surut.

"Ada delapan titik RT yang terdampak. Sekarang sudah kering total dan kita ada titik pengungsian, sekarang nol, steril," ucap Sahri.

Baca Juga : Ratusan Warga Bekasi yang Mengungsi Akibat Banjir Mulai Terserang Penyakit

Baca Juga : #AniesNgapainAja Ramai di Twitter, Netizen Ingatkan Banjir Akibat Ulah Manusia

Sahri menambahkan, banjir yang melanda wilayahnya cepat surut karena dibantu dengan mesin pompa yang jumlahnya besar. Selain itu, petugas dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Sumber Daya Air (SDA), beserta elemen lainnya bekerja terkoordinasi sehingga luapan air bisa segera diatasi.

"Tadi Pak Anies cek titik air dan pompa air Alhamdulillah kering, tuntas dan Alhamdulillah penanganannya luar biasa dan ASN pemerintahannya luar biasa sinergis," tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini