Hujan Lebat Masih Menghantui Bogor, Warga Diminta Waspada Bencana

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 22 Februari 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 338 2366327 hujan-lebat-masih-menghantui-bogor-warga-diminta-waspada-bencana-Y2k2ghhFZt.jpg Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat meninjau longsor di Ciwaringin, Bogor Tengah. (Foto : Ist)

BOGOR - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim meminta masyarakat mewaspadai terjadinya bencana dalam beberapa hari ke depan. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi masih berpotensi mengguyur wilayah Kota Bogor dan sekitarnya.

"Kita masih harus waspada potensi bencana susulan," kata Dedie, saat meninjau longsor di Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (22/2/2021).

Sejauh ini, lanjut Dedie, potensi bencana yang paling sering terjadi di Kota Bogor adalah tanah longor, pergeseran tanah, dan rumah roboh. Tak hanya itu, warga di bantaran Sungai Ciliwung juga harus mewaspadai luapan air ketika hujan mengguyur.

"Karena itu bisa berakibat pengikisan turap atau talud," ucap Dedie.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan upaya mitigasi bencana. Hal itu untuk melakukan pemetaan sekaligus penanganan lokasi rawan bencana di wilayah Kota Bogor.

"Mitigasi itu kan serangkaian upaya mengurangi resiko. BMKG dengan forecasting atau ramalan cuaca sedangkan BPBD dengan mengedukasi warga dan penanganan ketika terjadi bencana," katanya.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, 34 Titik Jalan di Kota Bogor Rusak


Terpisah, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Fatuhri mengatakan, wilayah Kota dan Kabupaten Bogor masih berpotensi diguyur hujan sedang sampai lebat hingga 24 Februari 2021.

"Dari release yang dikeluarkan oleh BMKG Pusat untuk wilayah Jawa Barat (termasuk wilayah Bogor) pada 21-24 Februari masih berpotensi hujan intensitas sedang hingga lebat," kata Fatuhri.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu berhati-hati menghadapi kondisi cuaca saat ini.

Baca Juga : Dua Hari Ganjil Genap Kota Bogor, 16.017 Kendaraan Diputar Balik

"Wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya kewaspadaan akan hujan lebat disertai angin kencang dini hari saat warga terlelap (dalam keadaan tidak siaga). Kabut tebal juga harus diwaspadai pengendara saat melintasi wilayah Puncak termasuk titik-titik longsor seperti yang beberapa pekan lalu terjadi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini