Kondisi Terminal Relatif Aman dari Banjir

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 23 Februari 2021 06:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 338 2366591 kondisi-terminal-relatif-aman-dari-banjir-ogN7k8fhyu.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menyusul terjadinya banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek, sejauh ini kondisi beberapa Terminal Bus dalam kondisi relatif aman termasuk keempat terminal yang berada di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ).

"Meski keempat terminal di bawah pengelolaan BPTJ yang terdiri dari Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang relatif aman, langkah-langkah antisipatif tetap perlu untuk dilakukan," kata Direktur Prasarana BPTJ, Kementerian Perhubungan Edy Nursalam, Selasa (23/2/2021).

Kondisi relatif aman juga terpantau di Terminal Pulo Gebang, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres Jakarta. Berbeda dengan kondisi terminal-terminal di atas, banjir terjadi di Terminal Kampung Rambutan.

Meski terdapat beberapa titik yang terdampak banjir, layanan operasional di Terminal Kampung Rambutan tetap berjalan normal. Langkah penanganan banjir di Terminal Kampung Rambutan saat ini tengah dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Provinsi DKI Jakarta salah satunya melalui pembuatan waduk agar dapat menampung air dan mengantisipasi supaya tidak terulang kembali meluapnya air sungai hingga ke terminal.

"Penumpukan penumpang akibat terjadinya banjir justru terdapat di terminal Bekasi," tegasnya.

Baca Juga : Warga Disarankan Akses Informasi Moda Transportasi saat Banjir

Baca Juga : Banjir Jakarta, Wagub DKI Tegaskan Tidak Ada Fakta & Data yang Disembunyikan

Penumpukan terjadi karena kedatangan bus yang terlambat akibat terjebak banjir. Namun demikian, kondisi tersebut berangsur berkurang seiring dengan mulai menurunnya ketinggian air yang menggenangi beberapa titik di jalan tol Jakarta–Cikampek setelah dilakukan penyedotan air oleh Jasa Marga.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini