Polisi Tetapkan 4 Tersangka Baru Kasus Pembuangan Limbah APD

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 23 Februari 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 338 2366787 polisi-tetapkan-4-tersangka-baru-kasus-pembuangan-limbah-apd-1cVI5ZYfvY.jpg Polisi tetapkan 4 tersangka baru kasus limbah APD (Foto : Okezone.com/Putra)

BOGOR - Polres Bogor kembali mengamankan 4 tersangka baru dalam kasus pembuaga limbah APD di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Keempat tersangka itu berasal dari pihak hotel dan laundry.

"Untuk kasus limbah APD ada penambahan 4 tersangka. Dari pihak laundry 2 orang dan pihak GM sama HRD hotel 2 orang," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, di Mapolres Bogor, Selasa (23/2/2021).

Mereka berperan sebagai penandatangan MoU atau perjanjian soal pembuangan limbah APD dari hotel isolasi pasien covid-19 dengan pihak laundry.

"Dari pihak laundry dia yang menandatangani MoU kerjasama dengan hotel 1 lagi pendampingnya yang di laundry. Dari pihak hotel, 1 yang menandatangani MoU yaitu HRD dan GM yang menyuruh melakukan HRD untuk pelaksanaan MoU," jelas Harun.

Motifnya, tambah Harun, pihak hotel dengan laundry melakukan kerjasama membuang limbah APD untuk menekan tingginya biaya dibandingkan menggunakan jasa pengelola limbah yang mencapai Rp10 juta.

"Cost yang diperuntukkan untuk pengelolaan limbah awalnya kerjasama dengan PT AP tinggi Rp 10 jutaan. Kemudian mereka berkerjasama dengan laundry ini sehingga costnya bisa ditekan hanya Rp 1 juta per pengambilan dengan 2 box kendaraan," bebernya.

Dengan begitu, total tersangka dalam kasus pembuangan ini sebanyak 6 orang. Penyidik masih terus melakukan pengembangan dan tidak menutup kemungkinan ada saksi lain yang akan diperiksa.

"Ini tidak menutup kemungkinan ada pihak-pihak lain yang akan kita periksa. Karena ini sementara masih berjalan proses penyelidikannya," tutup Harun.

Seperti diketahui, Polres Bogor telah membekuk dua tersangka dalam kasus pembuanga limbah APD di wilayah Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Limbah tersebut rupanya dari salah satu hotel tempat isolasi pasien covid-19 di Tangerang inisial PPH.

Baca Juga : PPKM Mikro di Kabupaten Bogor Diperpanjang hingga 8 Maret

Modusnya, pihak hotel secara ilegal bekerjasama dengan pihak laundry ditempatnya untuk membuang sampah medis tersebut. Hal itu sengaja dilakukan dengan dalih penghematan biaya pengolahan limbah.

Kedua tersangka yang telah diamankan merupakan sopir dari pihak laundry yang membuag sampah medis sembarangan di wilayah Tenjo dan Cigudeg.

Tersangka dijerat Pasal 40 Ayat 1 UU No18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah dan Pasal 104 Jo No 60 dan UU RI No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini