9 Pencuri Motor Dibekuk Polisi, Korban: Alhamdulillah Masih Rezeki

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 24 Februari 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 338 2367488 9-pencuri-motor-dibekuk-polisi-korban-alhamdulillah-masih-rezeki-MLc805GwmS.jpg Pelaku curanmor diringkus polisi (Foto: Putra R)

BOGOR - Sebanyak 9 komplotan pencuri motor yang kerap beraksi di Kabupaten Bogor dan sekitarnya dibekuk polisi. Dari tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa belasan motor hasil curian.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan dari kesembilan tersangka 5 orang di antaranya sebagai pemetik dan sisanya sebagai penadah hasil curian. Mereka beraksi di wilayah Cisarua, Babakan Madang, Ciampea, Ciawi, Cileungsi, Sukaraja hingga Bekasi.

"Selama Desember 2021 sampai saat ini ada 17 kendaraan yang kita amankan dengan pelakunya 9 orang. 5 orang satu kelompok sebagai eksekusi dan 4 lainnya penadah," kata Harun, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga:  Pencurian Motor Trail di Bekasi Terekam CCTV, Pelaku Pakai Jas Hujan Ponco

Curanmor

Modus operandinya, para pelaku mengincar sepeda motor yang terpakir di teras rumah warga, minimarket dan lainnya. Setiap beraksi, mereka hanya butuh waktu kurang dari 5 menit membobol motor.

"Biasanya menggunakan kunci T dengan sasaran tempat-tempat atau motor yang ada di teras dengan waktu antara jam 02.00 WIB-05.00 WIB," jelasnya.

Hasil curian mereka dijual kepada para penadah dengan harga sekitar Rp2 juta untuk satu unit motor. Kepada polisi, mereka mengaku ada yang motor yang memang sengaja dipesan khusus oleh penadah namun ada juga yang tergantung hasil curian.

"Ada yang mereka langsung memetik. Ada juga pesanan yang diminta penadah," ungkap Harun.

Dari kesembilan tersangka, salah satu di antaranya merupakan residivis kasus yang sama berinisial AJ. Tersangka adalah pimpinan komplotan tersebut yang sudah beraksi lebih dari 30 kali di berbagai wilayah.

"Ada 1 residivis AJ, dia pernah kita tangkap di Ciomas dengan hukuman 1 tahun penjara. Sudah keluar, saat ini kita tangkap lagi perkara yang sama," bebernya.

Baca Juga:  Sebeh dan Kojek, Pelaku Curanmor yang Disegani di Pekalongan Diringkus

Atas perbuatannya, pelaku pencurian dikenakan Pasal 363 Ayat (1) Ke 3e, 4e dan 5e KUHP tentang pncurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 penjara. Sedangkan, untuk para penadah dijerat Pasal 480 KUHP ancaman hukuman 4 tahun penjara.

"Ada satu orang komplotannya lagi yang masih DPO," tambah Harun.

Sementara itu, salah satu korban Ratna asal Bekasi mengaku bersyukur motornya yang hilang beberapa waktu lalu telah ditemukan. Dirinya berpesan agar selalu menggunakan kunci ganda saat parkir motor.

"Alhamdulillah ketemu, masih rezeki. Waktu itu hilang di Rawalumbu, Bekasi di lingkungan sekolah. Ya ke depannya, walaupun parkir motor cuma sebentar tapi harus pakai kunci ganda aja," ucap Ratna.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini