Buntut Kasus Bripka CS, Polri Bakal Ulang Tes Psikologi Polisi yang Pegang Senpi

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 25 Februari 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 338 2368188 buntut-kasus-bripka-cs-polri-bakal-ulang-tes-psikologi-polisi-yang-pegang-senpi-W1OLOTV5Ub.jfif Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdi Sambo (foto: ist)

JAKARTA - Kasus penembakan yang dilakukan Bripka CS berbuntut panjang. Pasalnya, Propam Polri bakal melakukan penertiban terkait prosedur kepada seluruh anggota kepolisian yang memegang senjata api (senpi).

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mengungkapkan, salah satu penertiban prosedur adalah kembali melakukan tes psikologi para polisi yang bertugas memegang senpi.

"Selanjutnya, Propam Polri melakukan pengecekan kembali prosedur pemegang senjata api di seluruh jajaran dan wilayah. (Diantaranya) tes Psikologi," kata Sambo dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Baca juga:  Selain Dipecat, Bripka Cs Akan Diproses Pidana

Selain tes psikolog, pengecekan selanjutnya adalah soal latihan menembak dan catatan perilaku para anggota Polri.

Sementara itu, Bripka CS juga akan dipecat sebagai anggota polisi dengan tidak hormat. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 Pasal 11, 12 dan 13 dan proses sidang Komite Kode Etik Profesi Kepolisian dalam Pasal 35 UU Nomor 2 Tahun 2002.

Baca juga:  Tembak Mati 3 Orang, Kapolda Metro: Bripka Cs Tidak Layak Jadi Anggota Polri!

"Bidang Propam Polda Metro Jaya dan Divisi Propam Polri akan memproses Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH)," ujar Sambo.

 

Propam Polri juga memastikan bahwa Bripka CS diproses secara pidana lantaran kasus penembakan yang menewaskan tiga orang dan satu lainnya luka-luka.

"Tersangka Bripda CS anggota Polri Polsek Kalideres, Jakarta Barat dilakukan proses pidana oleh Ditkrimum Polda Metro Jaya," ucap Sambo.

Ketiga korban adalah anggota TNI AD yang juga keamanan RM Cafe Sinurat, Bar Boy Feri Saut Simanjuntak, dan Kasir RM Cafe Manik. Sedangkan korban luka adalah Manager RM Cafe Hutapea.

Saat ini, ketiga jenazah korban penembakan berada di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini