Share

Stok Menipis, PMI Jakarta Gencar Donor Darah

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Jum'at 26 Februari 2021 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 338 2368870 stok-menipis-pmi-jakarta-gencar-donor-darah-bGWC8QpWR8.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebutuhan darah di Jakarta mencapai 1.200 kantung per harinya. Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta pun gencar melakukan kegiatan donor darah di kantor-kantor instansi Ibu Kota untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ketua PMI Jakarta, Rustam Efendi mengatakan, bila saat ini pihaknya kesulitan dalam menyukupi kebutuhan kantong darah di Jakarta. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 yang datang setahun terakhir.

“Bila biasanya di PMI aja 300 orang yang mendonor per hari. Tapi semenjak pandemi hanya 150 orang saja,” kata Rustam di UP PKB Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: TKI Asal NTT Meninggal di Malaysia, Jenazahnya Hampir Sebulan Tak Kunjung Dipulangkan

Karena itu, sejak menjabat Ketua PMI pihaknya gencar melakukan kerjasama dengan sejumlah pihaknya, salah satu dengan Pemprov DKI Jakarta. Dari situlah, upaya donor darah gencar dilakukan.

“Bahkan, di tahun 2021, sudah ada 80 persen kantor pemerintah di Jakarta yang sudah melakukan donor darah. Paling tinggal damkar aja, nanti kami kejar,” katanya.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan pihaknya yakni membuka layanan transfusi darah 24 jam nonstop. Hal ini demi memenuhi kebutuhan stok darah di Jakarta.

Baca Juga: Sumbang Darah 75 Kali, 135 Pendonor di DKI Dapat Penghargaan

Sementara itu, Kadishubtrans DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan pihaknya akan rutin melakukan transfusi darah. Tak hanya di Dinas, melainkan di sejumlah kantor instansi dibawah lingkungan Dinas Perhubungan, seperti sudin, terminal, hingga kantor pembuatan KIR.

Seperti di kantor KIR Kedaung Kaliangke misalnya, sedikitnya 150 anggota dari ASN dan non ASN melakukan transfusi darah disana. “Sebelumnya kami juga melakukan transfusi di kantor Sudishubtrans Jakbar,” katanya.

Selain melakukan donor darah, petugas juga menyerahkan sejumlah bantuan terhadap korban banjir Rawa Buaya. Acara simbolis penyerahan dilakukan terhadap perwakilan warga di sana

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini