Pemprov DKI Akan Lakukan Penataan Trotoar di Kawasan Kebayoran Baru

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 01 Maret 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 338 2370263 pemprov-dki-akan-lakukan-penataan-trotoar-di-kawasan-kebayoran-baru-0M2wxsP37s.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat Dinas Bina Marga bakal melakukan penataan trotoar di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Trotoar yang akan ditata di Jalan Senopati, Jalan Suryo, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Gunawarman yang akan dilakukan mulai pada Mei 2021 sampai Desember 2021 sepanjang +/- 4,6 Km.

"Kawasan Kebayoran Baru sebagai destinasi tempat tinggal, bisnis, pusat perbelanjaan, dan wisata dengan potensi pengembangan wisata kuliner nya," kata Kepada Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Pemprov DKI Kembali Bahas Penempatan PKL di Trotoar

Kata Hadi, hal tersebut perlu didukung oleh fasilitas publik lainnya dengan tidak menghilangkan identitasnya sebagai Kawasan Cagar Budaya dan menjadikannya Kawasan Oriented Development (TOD), dengan kemudahan aksesibilitas pejalan kaki serta kemudahan menuju berbagai akses moda transportasi (MRT, BRT, Bus Non BRT) di kawasan tersebut.

Baca juga: Proyek Pembangunan Trotoar di Jakarta Baru 15% dari Target 2.600 Km

Tujuan Penataan Trotoar di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yaitu, mendukung kawasan TOD Kebayoran Baru, mobilitas 15-minute City untuk ragam kelas sosial ekonomi, mendorong Shifting perpindahan pengguna moda transportasi pribadi di dalam Kawasan dengan transportasi publik dan atau sepeda.

Lalu mendorong (Micro-Mobility) mobilitas jarak pendek dengan moda transportasi tidak bermotor, dan menata saluran utilitas kabel udara menjadi bawah tanah.

"Konsep Penataan Complete Street adalah penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya untuk mengakomodir seluruh kebutuhan pengguna jalan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda dan pengguna transportasi umum," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini