Ribuan Pedagang Pasar di Tangerang Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

Isty Maulidya, Okezone · Senin 01 Maret 2021 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 338 2370333 ribuan-pedagang-pasar-di-tangerang-dapat-suntikan-vaksin-covid-19-LqlU7PbtTp.jpg Penyuntikan vaksin di Tangerang. (Foto: Istimewa)

TANGERANG - Ribuan pedagang pasar di Kota Tangerang mulai menjalani vaksinasi Covid-19, pada Senin (1/3/2021). Ribuan pedagang tersebut terdiri dari 700 pedagang Pasar Anyar dan 700 Pasar Malabar. Tak hanya itu, 1.800 pegawai di pusat perbelanjaan Tangerang City Mall juga turut divaksin. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, pihaknya menargetkan 3.200 pedagang pasar dan pusat perbelanjaan selesai divaksin hari ini. Selanjutnya, pemberian vaksin untuk pedagang di pasar lainnya juga akan menyusul.

Baca juga: Gagal Divaksin Covid-19, Bima Arya Sumbang Jatahnya ke Relawan Pengatur Lalu Lintas

"Hari ini kita targetkan 3.200 orang selesai divaksin, supaya nantinya bisa berlanjut ke pedagang pasar lainnya, seperti pasar lama dan pedagang di kisamaun. Mengingat, orang-orang itu memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam berinteraksi dengan masyarakat," ujar Liza. 

Foto: Istimewa

Vaksinasi massal kali ini berpusat di Ballroom Novotel, Kota Tangerang dan dibagi menjadi 30 tim yaitu Pasar Anyar 9 tim, Pasar Malabar 8 tim dan Tangcity 13 tim. Adapun untuk mengantisipasi adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Dinkes juga telah menyiapkan ruang kegawatdaruratan dan mini Intensive Care Unit di lokasi vaksinasi.

Baca juga: Vaksinasi Lansia Warga DKI Dimulai, Begini Alur Pendaftarannya

"Kalaupun ada hal yang tidak diinginkan, kami sudah siapkan ruangan khusus, mobil ambulans dan sudah berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat dengan lokasi," katanya.

Sementara itu, Direktur Tangcity Norman Eka Saputra mengatakan, vaksinasi terhadap pelaku usaha di pusat perbelanjaan bisa menumbuhkan rasa tenang bagi para pedagang dan pengunjung.

"Vaksinasi ini sangat penting bagi kita, karena dalam sehari saja, pengunjung di Tangerang City bisa mencapai 45 ribu. Makanya, ketika dapat kuota vaksin, tentu kita sangat antusias, meskipun memang kurang," ujarnya.

Dalam proses vaksinasi bagi pelaku usaha ini, Pemerintah Kota Tangerang menerapkan sistem pra-screening, sebelum nantinya masuk ke meja satu atau tahapan selanjutnya. Pada tahap ini, penerima vaksin akan diperiksa kesehatannya, untuk memastikan kelaikan menerima vaksin atau tidak. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini