Tak Kapok, 3 Residivis Curanmor Kembali Ditangkap Polisi

Felldy Utama, iNews · Senin 01 Maret 2021 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 338 2370430 tak-kapok-3-residivis-curanmor-kembali-ditangkap-polisi-rV1l4QqsSg.jpg Foto: Felldy Utama

JAKARTA - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan menangkap tiga orang pelaku pencurian motor (curanmor). Ketiganya merupakan komplotan residivis dalam kejahatan yang sama. 

"Ini yang kita tangkap 3 orang, langsung diamankan pada saat itu di daerah Lampung. Yang pertama tersangkanya AKS, kedua adalah DS, ketiga C," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/3/2021).

Yusri menyebut, ketiganya merupakan komplotan residivis dalam jenis kejahatan yang sama. Sejak tahun 2020, para pelaku kerap melancarkan aksinya di kawasan Jakarta hingga Depok, dengan target curian kendaraan bermotor roda dua.

Baca juga: Terekam CCTV, Pencuri Ini Bawa Kabur Motor Sport dalam Hitungan Detik

"Pengakuannya sampai dengan sekarang, baru melakukan 10 kali. Kami masih mendalami juga terus, karena biasanya mereka ini sudah pemain-pemain lama dan juga rata-rata adalah residivis dengan kasus yang sama," ujarnya.

Ketiganya kerap saling bertukar peran dalam menjalankan tugasnya. Ada yang bertugas sebagai eskekutor, joki atau mengantarkan para pelaku, hingga bertugas situasi lokasi sekitar yang menjadi tempat sasarannya.

Baca juga: Diwarnai Tembakan, Dua Pencuri Motor Diringkus Polisi

"Aksinya dilakukan enggak cukup sampai 1 menit mereka sudah bisa menggondol roda dua tersebut langsung dibawa kabur," tutur dia.

Berdasarkan pendalaman lebih lanjut, ketiganya melakukan tindak kejahatan ini karena terdesak faktor ekonomi. Namun, salah satu dari mereka menggunakan uang untuk membeli Narkotika.

"Karena dia sudah ketergantungan Narkotika, dia positif yang satu, hasilnya adalah untuk membeli barang haram itu. Yang AKS ini pengakuan dia untuk membeli barang haram itu," ujar Yusri.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka pencurian motor ini telah dikenakan pasal 363 KUHP. Dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini