Angin Puting Beliung Terjang Bogor, Puluhan Rumah dan RSUD Leuwiliang Rusak

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 02 Maret 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 338 2370709 angin-puting-beliung-terjang-bogor-puluhan-rumah-dan-rsud-leuwiliang-rusak-m6YADiw7Mp.jpg Dampak terjangan puting beliung di Bogor. (Foto: Istimewa)

BOGOR - Angin puting beliung merusak puluhan rumah warga di wilayah Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan, bencana angin puting beliung melanda wilayah tersebut pukul 16.30 WIB, Senin 1 Maret 2021.

"Ada enam kampung di Kecamatan Leuwiliang yang terdampak angin kencang (puting beliung)," kata Aris, kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Enam kampung tersebut yakni Mekarsari, Hergarsari II, Sawah, Sawah Kulon, Sukadamai dan Kaum. Berdasarkan data sementara, tercatat sebanyak 80 rumah warga mengalami kerusakan.

Baca juga: Potensi Angin Puting Beliung Masih Ancam Bekasi

"Itu data sementara. Masih assessment," tambah Aris.

Foto: Istimewa

Angin puting beliung juga membuat pohon tumbang dan menimpa rumah warga di samping RSUD Leuwiliang. Bahkan, bagian atap dan plafon Ruangan Anyelir 2 di rumah sakit tersebut rusak tertiup angin.

"Tidak ada korban jiwa. Untuk pasien yang berada di Ruangan Anyelir sudah dipindahkan ke Ruangan Matahari sebanyak 12 pasien," jelas Aris.

Baca juga: Puluhan Rumah Warga Pesisir Pangkep Rusak Diterjang Puting Beliung 

Saat ini, pihaknya bersama aparat gabungan lainnya masih melakukan penanganan dan pendataan dampak dari puting beliung. Termasuk menyalurkan bantuan dasar kepada warga yang terdampak.

"Kami sudah koordinasi dengan Muspika Kecamatan Leuwiliang dan melaksanakan pertolongan darurat sesuai SOP kebencanaan," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini