Kurir 12 Kg Sabu & Ribuan Pil Ekstasi Diupah Rp50 Juta

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Senin 08 Maret 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 338 2374342 kurir-12-kg-sabu-ribuan-pil-ekstasi-diupah-rp50-juta-oNLO761g9y.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

BEKASI – Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi membongkar jaringan narkoba lintas negara di Hotel Sabrina 45, di Provinsi Riau, yang merupakan pengembangan kasus narkoba di wilayah Kabupaten Bekasi. Dalam pengungkapan itu, petugas mengamankan dua kurir yakni Irawan Ediwijayanto alias Edi (26) dan Rizky Ramadan alias Kiki (26), mereka mengirim 12 Kg sabu dan ribuan butir pil ekstasi.

Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Bekasi, Kompol Budi Setiadi mengatakan, kedua pelaku merupakan kurir dan mendapatkan upah sebesar Rp50 juta jika berhasil mengantarkan narkoba jenis sabu dan ektasi ke wilayah Tangerang. "Mereka dijanjikan upah sebesar Rp50 juta untuk mengantarkan dari Riau ke Tangerang," katanya.

Berdasarkan pengakuan tersangka, keduanya diperintah oleh seorang bandar besar bernama Roby (DPO) untuk mengambil sebuah tas beris sabu di Hotel Sabrina 45 kamar 103. Untuk operasional, pelaku mendapat uang Rp10 juta dan tiket pesawat serta hotel. "Upah Rp50 juta akan didapatkan setelah barang diantarkan ke Tangerang," ungkapnya.

Setelah itu, kedua pelaku bersedia untuk menjadi kurir berangkat dari Jakarta menuju Pekanbaru dengan menggunakan pesawat terbang pada Selasa 2 Maret 2021. Setiba di Pekanbaru kedua pelaku menginap di Hotel Panam Riau sambal menunggu arahan dari Roby. Selanjutnya pada Jumat 5 Maret, keduanya diarahkan menuju ke Hotel Sabrina 45.

Saat tiba di lokasi, petugas kemudian meringkus kedua pelaku dan ditemukan 2 kilogram Sabu dan 3.750 butir Ekstasi. Kedua pelaku mengakui apabila berhasil membawa tas berisi Sabu dan Ekstasi tersebut langsung menuju PO Bus SAN menuju pelabuhan Merak, sampai di sana akan di jemput seseorang yang tidak mereka kenal untuk dibawa ke Tangerang.

Baca Juga : Bongkar Jaringan Narkoba Lintas Negara, Polisi Sita Sabu dan Ribuan Ekstasi

Sesampainya di Tangerang, akan diterima oleh orangnya Roby (DPO), setelah serah terima di Tanggerang, kedua pelaku mendapat bayaran setiap orang mendapatkan Rp50 juta. Selain itu, pelaku mengetahui adanya penyimpanan sabu di tempat lain.

"Di kamar 227 petugas mengamankan 10 kiligram Sabu," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini