Putus Rantai Covid-19, Kampung Tangguh Jaya Muara Angke Perkuat 3T

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 09 Maret 2021 00:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 338 2374566 putus-rantai-covid-19-kampung-tangguh-jaya-muara-angke-perkuat-3t-4DnHi7aU1q.jpg Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis (foto: ist)

JAKARTA - Program Kampung Tangguh Jaya di Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara (Jakut) memperkuat penerapan 3T atau Tracing, Testing, dan Treatment dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis Aryana menjelaskan, penerapan 3T ini juga berkoordinasi dengan TNI dan pihak Kelurahan. Selain itu, Kampung Tangguh Jaya di Muara Angke juga melakukan Rapid Test ke beberapa warga RW 11.

Baca juga:  Giliran 100 Anggota Polres Metro Jakpus Divaksinasi Covid-19

"Kami lakukan upaya 3T, Alhamdulillah 35 warga kami lakukan Rapid Test sore ini dengan hasil seluruhnya negatif, dan juga dilakukan upaya penyemprotan, hingga membagikan bantuan paket sembako bagi keluarga terdampak Covid-19," kata Putu saat meninjau langsung RW 11 Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara, Senin (8/3/2021).

Tak hanya itu, Putu menyebut, sosialisasi soal memakasi masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan juga terus digaungkan oleh instansi terkait kepada warga setempat.

"Kami lakukan perbaikan maupun penambahan titik lokasi mencuci tangan, juga membagikan paket masker, hand sanitizer, vitamin sekaligus membagikan pamflet imbauan 3M kepada warga," ujar Putu.

Baca juga:  DKI Jakarta dan Jabar "Juara" Penambahan Kasus Covid-19 Hari Ini

Segala upaya tersebut, dikatakan Putu, merupakan, bagian dari upaya untuk mengembangkan program Kampung Tangguh Jaya di kawasan Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara. Hal itu sebagaimana tindaklanjut arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

"Kami sedang kembangkan Kampung Tangguh Jaya untuk menyasar lingkungan RW 11 di Muara Angke," tutur Putu.

Setelah mengunjungi RW 11, Putu dan jajaran juga meninjau Kampung Tangguh Jaya Rusun Muara Angke. Menurutnya, kondisi lingkungan di Rusun Muara Angke sedikit lebih baik karena ditunjang beberapa sarana fasilitas umum warga.

"Disini selain ada posko kesehatan, ada juga ruang pelayanan kesehatan, ada juga ruang isolasi mandiri dan juga sudah menerapkan one gate sistem untuk permudah pengawasan," kata Putu.

Sementara itu, Ketua RW 11, Castam menyambut positif pengembangan yang dilakukan di lingkungan setempatnya. Ia berharap, tidak adalagi warganya yang terjangkit virus corona.

"Tadi kami difasilitasi rapid test, diberi bantuan masker, sarana cuci tangan, disinfektan, obat, dan juga paket sembako. Warga sini senang dan alhamdulillah per hari ini warga yang positif tinggal satu orang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran," kata Castam dikesempatan yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini