Share

Pesepeda Keluar Jalur, Polisi: Bisa Dikenakan Sanksi Kurungan!

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 09 Maret 2021 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 338 2374990 pesepeda-keluar-jalur-polisi-bisa-dikenakan-sanksi-kurungan-VochZGD7nr.jpg foto: ist

JAKARTA- Sejumlah pengendara merasa kesal dengan ulah pesepeda di jalan utama Sudirman-Thamrin. Pasalnya, mereka tidak menggunakan jalur sepeda yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

(Baca juga: Pesepeda Gunakan Jalur Utama Sudirman Thamrin, Pemotor Sewot)

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Lilik Sumardi, menjelaskan, berdasarkan Pasal 299 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kalau mengacu pasal itu, pesepeda yang melanggar ya bisa didenda Rp100 ribu," kata Lilik, saat dihubungi wartawan, Selasa (9/3/2021).

(Baca juga: Lempar Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil, Nenek Khadijah: Saya Kalap)

Tak hanya denda, para pelanggar juga dapat dikenakan sanksi kurungan selama 15 hari. "Kalau tidak sanksi denda, ya bisa juga kurungan lima belas hari, dua minggu-lah kira-kira," tambahnya.

Meskipun begitu, ia menegaskan sanksi tersebut mulai berlaku jika jalur sepeda permanen telah diresmikan.

"Kalau sudah diresmikan, aturan yang tadi saya bilang bisa berlaku. Nah, kami juga akan tindak siapa yang melanggar aturan soal penggunaan jalur sepeda ini," lanjut Lilik.

Pihaknya mengimbau, para pesepeda sebaiknya mematuhi aturan tersebut. Hal itu agar tetap selamat selama berkendara sepeda.

"Patuhilah aturan meski bersepeda, tetap ada pasal yang sudah mengatur. Kalau bandel juga, ya ditindak," tutup Lilik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini