Share

Wagub DKI: Penyaluran BST Tahap 2 di Pandemi Covid-19 Berjalan Baik

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 10 Maret 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 338 2375504 wagub-dki-penyaluran-bst-tahap-2-di-pandemi-covid-19-berjalan-baik-Djakpzty5K.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) menyampaikan, pihaknya terus melakukan perbaikan dan pemutakhiran data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Pemprov DKI menunjuk Dinas Sosial dan Bank DKI untuk menyalurkan bantuan di kala Pandemi Covid-19 itu.

"Terkait dengan BST bantuan sosial tunai, alhamdulillah sudah berjalan dengan baik. Tahap 2 pada minggu kedua bulan Maret ini secara serentak melalui Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta, kami melakukan pemutakhiran data penerima bantuan melalui mekanisme musyawarah kelurahan dengan melibatkan peran serta masyarakat," urai Ariza dalam diskusi daring Balkoters Talk bertema 'Efektivitas BST Dalam Menunjang Kesejahteraan Masyarakat Kala Pandemi', Rabu (10/3/2021).

Baca juga:  Bansos Tunai Rp300.000 Cair Serentak Awal Maret

Ia memastikan, seluruh pemutakhiran data berjalan baik. Jangan sampai pemberian bantuan itu tidak tepat sasaran.

"Alhamdulillah juga sudah dilaksanakan. hal tersebut dilakukan karena perubahan data yang disesuaikan kembali dengan kategori penerima BST. Hal ini karena ada penerima manfaat yang meninggal dunia, pindah dari kota Jakarta, perubahan status perkawinan, dan telah memiliki penghasilan tetap," lanjutnya.

Baca juga:  90% Warga Jakarta Telah Terima Bansos Tunai Rp300 Ribu

Ariza memaparkan data penerima manfaat BST. Namun jumlah penerima terbaru jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu.

"Saat ini penerima manfaat berjumlah 1.805.216 KK dari sebelumnya di awal tahun 2021 berjumlah 1.192.098 kepala keluarga dan 2.460.203 KK pada tahun 2020," ungkap Ariza.

Menurutnya, efektivitas BST cukup baik dalam menunjang kesejahteraan masyarakat di kala pandemi.

"BST merupakan salah satu upaya perlindungan sosial dari pemerintah, baik dari pusat maupun dari daerah, melalui bansos yang dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar selama masa pandemi," tutupnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini