Sayembara! Temukan Pembuang Sampah Sembarangan, Hadiahnya Rp1 Juta

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 12 Maret 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 338 2376655 sayembara-temukan-pembuang-sampah-sembarangan-hadiahnya-rp1-juta-3dVOfevMTK.jpg Ada sayembara di Bekasi, bagi yang menemukan pembuang sampah sembarangan dapat hadiah Rp1 juta (Foto : Sindonews/Dul)

BEKASI - Karang Taruna RW 01 Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi membuka sayembara untuk masyarakat berisi ajakan apabila berhasil menemukan oknum yang membuang sampah semberangan diberi hadiah uang Rp1 juta.

Sayembara itu berlaku bagi warga yang bisa merekam foto dan bukti buang sampah sembarangan. Keseriusan para pemuda tersebut dengan memasang spanduk sayembara di Jalan Jalan Ampera, Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi pada Kamis 11 Maret 2021.

Aksi perduli mereka terhadap lingkungan ini viral di jagad media sosial dan diunggah di akun @bekasinians. ”Ya niat kita baik biar warga saling jaga lingkungan. Karena biar bagaimana juga sampah itu bisa nencemari lingkungan,” kata Bendahara Karang Taruna RW 01 Mustikasari, Ocid, Jumat (12/3/2021).

Menurut dia, uang untuk sayembara sebesar Rp 1 juta dari uang kas Karang Taruna. Ide itu tercetus lantaran sampah kerap muncul di jalan yang berada di antara pagar beton. Hal itu membuat warga setempat kerap membersihkan sampah di lokasi tersebut.

“Jalan Ampera di lingkungan RW 01 Mustikasari ini jadi salah satu titik yang sering muncul sampah. Kita tidak tahu sampah-sampah itu berasal dari mana, capek rasanya kita sering bersihin sampah tapi beberapa hari setelah itu ada lagi apalagi lebih banyak,” ungkapnya.

Ocid menjelaskan, wilayah tersebut menjadi sasaran empuk bagi oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk buang sampah. Karena jalan ini terbilang sepi dan dihimpit oleh pagar beton dan terdapat beberapa tikungan serta jaraknya agak jauh dari rumah warga.

“Jadi tidak bisa dipantau secara terus menerus,” ucapnya.

Baca Juga : Polisi Siber Penting, tapi Perlu Aturan Hukum Demokratis

Kebanyakan sampah yang dibuang merupakan limbah rumah tangga. Namun sampahnya bisa menjamur di jalan sepanjang 140 meter. Dengan adanya sayembara ini. Dia berharap masyarakat tidak buang sampah sembarangan.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengapresiasi langkah yang dilakukan pemuda tersebut. Untuk itu, pemerintah terus mendukung kegiatan masyarakat tersebut.

”Kita akan terus pantau, dan jika ditemukan buang sembarangan akan ditindak tegas,” katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini